Kunjungi Makassar, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro

Ganjar datang bersama istri dan sang putra

Makassar, IDN Times - Di sela-sela kunjungannya ke Makassar, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro. Ia menyambangi situs bersejarah di Jalan Diponegoro tersebut pada hari Jumat (6/5/2022) bersama istri Siti Atiqoh Supriyanti dan anaknya Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

"Kemarin ke Makassar beberapa kali tidak sempat mampir. Hari ini saya senang sama anak sama istri pas lewat di Jalan Diponegoro persis. Alhamdulillah bisa ziarah ke tempat," ungkap Ganjar usai ziarah, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

1. Pangeran Diponegoro menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Makassar

Kunjungi Makassar, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pangeran DiponegoroIlustrasi Pangeran Diponegoro dan beberapa pengikutnya dalam buku yang merupakan koleksi milik Snouck Hurgonje. (Wikimedia Commons/Leiden University Library)

Lahir di Kesultanan Yogyakarta pada tanggal 11 November 1785, Pangeran Diponegoro anak buah hati dari pasangan Sultan Hamengkubowono III dan R.A. Mangkarawati. Ia dikenal karena memimpin perlawanan rakyat dalam Perang Jawa yang berlangsung dari 1825 hingga 1830.

Perang Jawa berakhir setelah Pangeran Diponegoro ditangkap di Magelang, Jawa Tengah, pada hari kedua Idul Fitri tahun 1830. Pemerintah kolonial Hindia-Belanda menjebaknya dalam sebuah perundingan jebakan. Sempat jalani dua tahun pembuangan di Manado, ia dipindahkan ke Makassar dan jalani sisa hidup dalam kawasan Benteng Fort Rotterdam.

Mangkat pada 8 Januari 1855, Pangeran Diponegoro dikebumikan di sebidang tanah pemberian pemerintah kolonial di Jalan Diponegoro, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo.

2. Ganjar menyebut Pangeran Diponegoro membuat Makassar, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta terhubung secara historis

Kunjungi Makassar, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pangeran DiponegoroGubernur Jawa Tengah saat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro di Makassar, Jumat 6 Mei 2022. (Dok. Istimewa)

Selain sebagai teladan, Ganjar juga menyebut Pangeran Diponegoro membuat tiga daerah berkaitan sejarah. Yakni DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Makassar. Ia pun turut menyinggung keberadaan benda peninggalan sang Pahlawan Nasional yang saat ini berada di Museum Kamar Pengabdian Diponegogoro, Magelang, Jawa Tengah.

"Sebuah nilai perjuangan. Nggak ada yang lain. Semangat perjuangan beliau dalam melawan Belanda kan luar biasa. Kalau Jawa Tengah, Jogja, Makassar dalam konteks ini ada ikatan sejarahnya," kata politisi 53 tahun tersebut.

"Termasuk kita ada di Magelang, di mana jubahnya Pangeran Diponegoro ada di sana, kursi yang ada di sana digaruk oleh kukunya itu sebuah semangat beliau dalam melawan penjajah. Ini yang membuat kita generasi muda jangan gampang menyerah pada penjajahan dalam bentuk apapun," sambungnya.

Baca Juga: Kisah Pangeran Diponegoro Saat Diasingkan di Fort Rotterdam

3. Kedatangan Ganjar disambut hangat oleh cicit generasi kelima sang Pahlawan Nasional

Kunjungi Makassar, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pangeran DiponegoroGubernur Jawa Tengah saat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro di Makassar, Jumat 6 Mei 2022. (Dok. Istimewa)

Berbicara setelah mendampingi Ganjar, cict generasi kelima Pangeran Dponegoro yakni Raden Bekel Surakso Dipo Hamsah Amsah mengaku senang dengan kedatangan Gubernur Jawa Tengah tersebut. Sebelumnya, Kodam IV Diponegoro yang bermarkas di Semarang, rutin berziarah ke makam Pangeran Diponegoro di Makassar.

"Saya mewakili keluarga besar, mengucapkan terima kasih atas kedatangan beliau, sudah meluangkan waktu dan kesempatannya membuka silaturahmi. Semoga beliau sehat selalu bersama keluarga, semuanya sukses dan lancar," kata Hamsah.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Janji Renovasi Makam Pangeran Diponegoro 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya