HUT Sulsel, Gubernur "Pamer" Penyelamatan Aset Senilai Rp6,5 Triliun

Sejumlah proyek infrastruktur dijabarkan di paripurna

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menjabarkan sejumlah prestasi yang diraih selama satu tahun masa baktinya dalam acara HUT ke-350 Sulawesi Selatan, Sabtu (19/10). Salah satunya adalah penyelamatan aset milik pemerintah.

Bertempat di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin membawa kata samputan bertema Melalui Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-350 Kita Optimalkan Inovasi ASN untuk Sulsel Melayani.

"Terima kasih kepada Korsupgah KPK, kita telah menyelamatkan aset senilai lebih Rp6,5 trilliun," ujarnya. Aset-aset tersebut, antara lain: sejumlah gedung, fasilitas umum dan kompleks olahraga termasuk Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

Baca Juga: YOSS Tolak Serahkan Stadion Andi Mattalatta ke Pemprov Sulsel

1. Ucapan terima kasih turut dilayangkan Gubernur Nurdin Abdullah kepada pihak-pihak yang membantu percepatan pembangunan

HUT Sulsel, Gubernur Pamer Penyelamatan Aset Senilai Rp6,5 TriliunIDN Times/Ashrawi Muin

Lebih jauh, Nurdin dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa Hari Jadi Sulsel ke-350 ini bisa menjadi momentum seluruh aparatur pemerintah untuk melakukan introspeksi diri demi perbaikan. Ia pun melayangkan apresiasi serta terima kasih pada semua pihak terutama Forkompinda, Bupati dan Wali Kota, Kapolda dan Kodam yang telah mendukung seluruh program Pemprov Sulsel.

"Terima kasih ini termasuk atas keberhasilan peningkatan penerimaaan pajak daerah, yang telah bersinergi untuk melakukan percepatan pembangunan dalam berbagai bidang," pungkas Bupati Bantaeng dua periode tersebut.

Lebih jauh, sosok 56 tahun itu turut menekankan pentingnya kesiapan menghadapi era ekonomi digital atau acapkali disebut Revolusi industri 4.0. "Tantangan lainnya adalah kompetisi global, yakni bagaimana Sulsel mampu meningkatkan daya saing daerah untuk setara dengan daerah maju lainnya."

Baca Juga: Sulawesi Selatan Terpilih sebagai Role Model Birokrasi di Indonesia

2. Sejumlah proyek strategis di seluruh penjuru Sulsel sedang menunggu bantuan dana hibah dari pemerintah Australia

HUT Sulsel, Gubernur Pamer Penyelamatan Aset Senilai Rp6,5 TriliunHumas Pemprov Sulsel

Dari segi infrastruktur, Prof. Andalan menjelaskan progres sejumlah proyek infrastruktur penting di sejumlah wilayah, seperti di daerah Seko, Kabupaten Toraja Utara. "Di samping itu juga, kami terus mendorong penyelesaian jalan Sabbang - Seko, Bua, jalur Tana Toraja dan berbagai infrastruktur lainnya."

"Sumber-sumber pembiayaan dari APBN juga kita terus upayakan, termasuk bantuan hibah dari Australia sebesar Rp40 Triliun yang sedang kita intensifkan dan diharapkan bantuan itu bisa masuk di Sulsel pada tahun 2020," lanjut Nurdin.

Di akhir sambutannya, putra asli Parepare itu kembali menegaskan komitmen kerjasama Pemprov Sulsel, khususnya dengan DPRD, demi percepatan pembangunan dan kesejahteran rakyat.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Buntu Kunik Bakal Tunjang Pariwisata Tana Toraja 

3. Ketua DPRD Sementara Sulsel, A Ina Kartika Sari, juga ucapkan terima kasih

HUT Sulsel, Gubernur Pamer Penyelamatan Aset Senilai Rp6,5 TriliunHumas Pemprov Sulsel

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Sulsel Sementara, yakni A Ina Kartika Sari, juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam tata kelola pemerintahan. Salah satunya saat mengambil langkah-langkah strategis untuk pelayanan berbagai kebutuhan masyarakat Sulsel.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel Abdul Hayat Gani, Ketua TP - PKK Sulsel Liestiaty F Nurdin, Ketua DPRD Sulsel Sementara Andi Ina Kartika, Wakil Ketua DPRD Sulsel Sementara Syaharuddin Alrif, seluruh anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024, Pangdam Hasanuddin, Wakapolda Sulsel, Kejaksaan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat Perempuan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya