[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan Palu

Selamat Tahun Baru 2020!

Makassar, IDN Times - Suasana perayaan Tahun Baru 2020 di Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung dalam guyuran hujan. Seperti yang sudah diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang mengguyur sejumlah titik di Kota Daeng sejak pukul 20.00 WITA.

Namun, hujan enggan membuat banyak warga yang ingin merasakan detik-detik pergantian tahun di Pantai Losari bergeming dari tempatnya. Saat jam menunjukkan tepat tengah malam, kembang api beraneka warna memenuhi langit Pantai Losari, seolah menantang rintik air yang sudah turun selama beberapa jam.

Beragam cara dilakukan untuk menyambut 2020. Jajaran Pemerintah Kota Makassar menggelar zikir bersama di rumah jabatan Wali Kota Makassar yang terletak di Jalan Penghibur, tak jauh dari Pantai Losari.

Hal serupa turut dilakukan warga Palu pada malam pergantian tahun. Ribuan umat Muslim Kota Kaledo memenuhi Lapangan Nunu yang terletak di kawasan Pantai Talise. Mereka mengikuti zikir akbar yang dipimpin oleh Habib Sholeh bin Abu Bakar Alaydrus.

Sementara itu, umat Kristen di Kota Palu juga menyambut pergantian tahun dengan beribadah di sejumlah gereja atau rumah.

Pemerintah Kota Palu sendiri telah mengeluarkan imbauan meminta warga Palu tidak mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan hura-hura. Ini sebagai bentuk solidaritas kepada para korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada setahun silam.

1. Warga Makassar menikmati sunset akhir tahun 2019 di Anjungan Pantai Losari, Selasa (31/12/2019) kemarin.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Abriawan Abhe

2. Meski pun cuaca di lepas laut cenderung berawan sepanjang sore, warga tetap berdatangan untuk melihat sunset akhir tahun bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Abriawan Abhe

3. Sementara itu di Palu pada Selasa (31/12/2019) sore, sejumlah warga menikmati sunset dengan latar belakang pelangi serta masjid terapung yang rusak akibat gempa dan tsunami di Pantai Teluk Palu.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

4. Pimpinan Majelis Dzikir Nurul Khairaat Habib Sholeh bin Abu Bakar Alaydrus (ketiga dari kanan) memimpin dzikir akbar di Lapangan Nunu Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/12/2019) malam.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Basri Marzuki

Baca Juga: [FOTO] Khidmat Perayaan Natal di Makassar dan Kamp Pengungsian Palu

5. Sejumlah umat Islam khusyuk mengikuti dzikir akbar di Lapangan Nunu Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/12/2019) malam. Pemkot Palu melarng perayaan Tahun Baru 2020 sebagai bentuk solidaritas dengan masyarakat korban bencana setahun silam.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Basri Marzuki

6. Warga memadati anjungan Pantai Losari saat malam perayaan pergantian tahun di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/1/2020) tengah malam. Kembang api tetap dinyalakan sebagai bentuk sukacita.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Arnas Padda

7. Sejumlah warga menengadah menyaksikan kembang api di langit Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/1/2020) tengah malam.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Arnas Padda

8. Tak ada perayaan yang meriah di Pantai Losari pada pergantian tahun lantaran hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kota Makassar, termasuk Pantai Losari, sejak pukul 20.00 WITA.

[FOTO] Melihat Perayaan Tahun Baru di Makassar dan PaluANTARA FOTO/Arnas Padda

Baca Juga: [FOTO] Antusias Warga Makassar, Palu, Hingga Kendari Saat Gerhana

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya