Delegasi Unhas Raih Dua Gelar Juara di Indonesia Nursing Olympiad 2023

Di kategori Mahasiswa Berprestasi dan Lomba Esai

Makassar, IDN Times - Tiga mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) menorehkan prestasi ajang perlombaan Indonesia Nursing Olympiad (INO) 2023. Berlangsung di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) pada 12-14 Mei lalu, ada dua dari tiga cabang lomba yang disabet sekaligus.

Andi Fitria Idham meraih juara satu untuk kategori Lomba Mahasiswa Berprestasi. Sedang dua rekannya yang lain, Muhammad Gunawan dan Ade Putrawan, juga menjadi jawara untuk kategori Lomba Esai.

1. Menyabet Juara 1 kategori Mahasiswa Berprestasi

Delegasi Unhas Raih Dua Gelar Juara di Indonesia Nursing Olympiad 2023Delegasi Universitas Hasanuddin yang mengikuti Indonesia Nursing Olympiad (INO) 2023 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12-14 Mei 2023. (Dok. Istimewa)

Untuk kategori Mahasiswa Berprestasi, Andi Fitria Idham menyebut bahwa ia sebelumnya harus melalui babak penyisihan. Ia harus menjalani seleksi berkas capaian unggulan, naskah gagasan kreatif dan video presentasi berbahasa Inggris. Meski berlangsung secara daring, Fitria mengaku sudah mempersiapkan diri selama beberapa bulan.

"Kemudian diumumkan 6 orang yang finalis. Setelah itu, dilanjutkan dengan babak final yang terdiri atas pembuatan dan presentasi poster Deskripsi Diri (DD) dan Gagasan Kreatif (GK)," ungkap mahasiswa angkatan 2020 itu, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Selasa (16/5/2023).

"Kemudian pemenang ditentukan dari akumulasi nilai babak penyisihan dan final," imbuhnya. Babak finalnya sendiri berlangsung di UMSurabaya sebagai tuan rumah.

2. Delegasi Fakultas Keperawatan Unhas juga menjadi jawara kategori Lomba Esai

Delegasi Unhas Raih Dua Gelar Juara di Indonesia Nursing Olympiad 2023Piala dan piagam penghargaan delegasi Universitas Hasanuddin dari ajang Indonesia Nursing Olympiad (INO) 2023 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12-14 Mei 2023. (Dok. Istimewa)

Setelah masa persiapan cukup lama dan mentoing dengan pendamping, Fitria bisa memenangkan kategori Mahasiswa Berprestasi. Ia mengalahkan utusan sejumlah kampus ternama, seperti Universitas Indonesia.

Sementara itu, Ade Putrawan, wakil Unhas di kategori Lomba Esai, menjelaskan bahwa tahapan lomba terdiri dari pengiriman esai di fase penyisihan dan presentasi pada babak final. Rincian penilaiannya sendiri adalah 60 persen berdasarkan penilaian presentasi final, serta 40 persen dari gagasan yang mereka angkat dalam esai.

Fitria dan kawan-kawan mengaku sempat kesulitan untuk utusan pendanaan karena harus ke Surabaya. Tapi, mereka akhirnya mendapat dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier serta Fakultas Keperawatan.

Baca Juga: Unhas dan Universitas Toyama Jalin Kerja Sama di Bidang Kedokteran

3. INO adalah agenda dua tahunan ILMIKI yang diikuti mahasiswa S1 Keperawatan se-Indonesia

Delegasi Unhas Raih Dua Gelar Juara di Indonesia Nursing Olympiad 2023Delegasi Universitas Hasanuddin yang mengikuti Indonesia Nursing Olympiad (INO) 2023 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12-14 Mei 2023. (Dok. Istimewa)

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Unhas, Syahrul Said, S.Kep. Ns. M.Kes PhD, mengatakan bahwa pengiriman delegasi mahasiswa ke kompetisi tingkat nasional adalah bagian dari program pengembangan minat dan bakat mahasiswa.

"Kita bersyukur hasil karya mahasiswa kita mendapatkan apresiasi sebagai juara satu pada kompetisi bergengsi ini, diharapkan dapat semakin menguatkan motivasi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya," ungkapnya.

Indonesian Nursing Olympiad adalah ajang perlombaan untuk mahasiswa S1 Keperawatan seluruh Indonesia. Kompetisi nasional terbesar bidang keperawatan ini adalah program rutin ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia) yang diselenggarakan setiap dua tahun.

Baca Juga: 2 Mahasiswa Tersangka Kematian Virendy, Unhas Beri Pendampingan Hukum

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya