Comscore Tracker

Polres Parepare Tangkap Bocah Pembobol Rumah yang Ditinggal Mudik

Tersangka juga mengambil hewan peliharaan korban

Parepare, IDN Times - Tim Resmob Polres Parepare berhasil meringkus dua tersangka pembobol rumah yang ditinggal mudik pemiliknya, Kamis dini hari (13/6).  Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani dalam rilisnya, menyebutkan kedua pelaku yang berinisial IL dan RE dan masih di bawah umur. 

Para tersangka diduga mencuri di rumah warga di Jalan HM Arsyad, Kota Parepare, dengan cara merusak pintu belakang rumah yang ditinggal pemiliknya. 

“Kedua pelaku masuk ke dalam rumah korban dengan cara membobol pintu belakang, selama 3 malam berturut-turut tersangka menyatroni rumah korban yang kosong karena ditinggal mudik,” ujar Dicky.

Baca Juga: OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

1. Tersangka mencuri kucing anggora, ayam bangkok, dan peralatan elektronik

Polres Parepare Tangkap Bocah Pembobol Rumah yang Ditinggal MudikPixabay/Luctheo

Dicky menuturkan, kedua tersangka mengakui telah mengambil sejumlah peralatan elektronik di dalam rumah warga. Tak hanya itu, tersangka juga mengambil seekor kucing anggora dan ayam  bangkok yang ditinggal pemiliknya. 

“Kedua pelaku yang merupakan anak bawah umur yang ditangkap anggota tim crime hunter Polres Parepare di sekitar tanggul pantai Kecamatan Soreang, karena mencuri kucing, ayam, dan peralatan elektronik yang diperkirakan bernilai Rp3 juta,” ujar Dicky. 

Baca Juga: Kapolda Sulsel: Mudik Lebaran Ini Lebih Rawan Karena Tahun Politik

2. Kedua tersangka diancam pidana pencurian dengan pemberatan

Polres Parepare Tangkap Bocah Pembobol Rumah yang Ditinggal MudikIDN Times/Abdurrahman

Atas perbuatan kedua tersangka, dikenakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian, dan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun. Namun, karena keduanya berusia di bawah 18 tahun, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, yang mengatur penanganan anak yang berkonflik dengan hukum. 

Anak yang berkonflik dengan hukum, akan mendapat pengecualian, yakni penanganan hukum yang berbeda dengan orang dewasa dan mendapat pendampingan hukum. Selain itu, anak yang berlawanan hukum juga dapat dilakukan diversi, yakni perdamaian antara korban dan pelaku, dengan beberapa pertimbangan, seperti kondisi lingkungan anak dan hasil penelitian Badan Pemasyarakatan.

3. Kapolda Sulsel minta jajarannya pantau rumah kosong yang ditinggal mudik

Polres Parepare Tangkap Bocah Pembobol Rumah yang Ditinggal MudikIDN Times/Abdurrahman

Meskipun Operasi Ketupat 2019 baru saja berakhir pada 12 Juni kemarin, Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin sebelumnya menekankan pada jajarannya, agar mengintensifkan patroli di lingkungan perumahan, khususnya rumah-rumah yang ditinggal mudik pemiliknya. 

“Biasanya rumah-rumah yang gelap akan diincar penjahat, karena disangka ditinggal mudik pemiliknya, jadi kami minta pada patroli gabungan TNI-Polri agar melakukan patroli di perumahan-perumahan,” kata Hamidin. 

Baca Juga: Kecelakaan Arus Mudik & Balik Lebaran 2019 Turun Lebih dari 50 Persen

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You