PLN Sulselrabar Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Idul Fitri

PLN rutin mengecek instalasi ratusan masjid di Sulselrabar

Makassar, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) memastikan pasokan listrik di wilayahnya aman selama masa mudik dan masa lebaran hari raya Idul Fitri.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf, dalam rilisnya, Selasa (4/6), mengatakan pihaknya telah menyiapkan 288 posko Idul Fitri beserta 1.857 personelnya  bersiaga 24 jam. Selain itu petugas PLN telah melakukan safari masjid dengan membantu mengecek instalasi listrik sebanyak 298 Masjid di wilayah kerja Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

“Untuk mengantisipasi gangguan yang tidak diinginkan pada saat hari raya, PLN telah melakukan pemeliharaan 2.163 Gardu Distribusi dan sepanjang 6.587 Kilometer Sirkuit (kms) Jaringan Tegangan Menengah,” ujar Bambang.  

Baca Juga: 5.100 Napi di Sulsel Bakal Dapat Remisi di Idul Fitri  

1. Pimpinan PLN turun langsung memantau kelancaran pasokan listrik di masyarakat

PLN Sulselrabar Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Idul FitriHumas PLN Sulselrabar

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda memantau langsung kesiapan pasokan listrik dan kesiapan personel PLN. Syamsul Huda beserta jajaran General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf, UIP Sulbagsel I Putu Riasa dan Kitlur Sulawesi Suroso Isnandar turun langsung memantau kesiapan personelnya di objek vital PLN, untuk menjaga kelancaran dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah bagi umat Muslim. 

“Saat ini daya mampu sistem kelistrikan sulawesi bagian selatan sebanyak 1.500 MW, sedangkan beban puncak rata-rata sebesar 1.100 MW  pada saat Idul Fitri nanti, diperkirakan daya mampu berada di angka 1.525 MW serta beban puncak mencapai 884 MW, dengan perkiraan tersebut masih ada daya yang tersedia sebesar 661 MW," tutur Syamsul.

2. PLN gratiskan biaya penyambungan untuk tambah daya di masjid dan rumah ibadah lain

PLN Sulselrabar Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Idul FitriIDN Times/Abdurrahman

Bambang menuturkan, dalam masa lebaran Idul Fitri ini, dalam momen promo gemerlap Ramadan, PLN menggratiskan bagi pelanggan tarif sosial untuk melakukan penambahan daya, khusus bagi rumah ibadah, dan bagi masyarakat umum akan mendapat diskon biaya penyambungan 50 persen, dengan maksimum potongan sebesar Rp10 juta. 

"Selama promo Gemerlap Ramadan, sampai saat ini sudah ada 394 pelanggan rumah tangga dan 266 rumah ibadah yang sudah menambah daya," ungkap Bambang.

3. Surplus listrik 400 MW, PLN ajak investor berinvestasi di Sulsel, Sultra, dan Sulbar

PLN Sulselrabar Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Idul FitriIDN Times/Abdurrahman

Dengan kelebihan pasokan atau surplus 400 MW, Bambang mengajak investor agar tidak khawatir berinvestasi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Diketahui, saat ini sudah ada 22 pelanggan premium PLN UIW Sulselrabar, setelah PLN UP3 Makassar Utara dan RSUD Dr. Wahidin Sudirohusodo yang telah menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) Pelanggan Premium Silver dengan total daya 880.000 MVA. 

“Ayo segera manfaatkan Promo Gemerlap Lebaran ini sebelum tanggal 30 Juni 2019 dan jangan ragu berinvestasi. PLN akan menyediakan pasokan listrik kapanpun, berapapun, dan di manapun," tutup Bambang. 

Baca Juga: Maleppe', Tradisi Lebaran Sulsel yang Unik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya