Comscore Tracker

Jenazah Mantan KSAD George Toisutta Dimakamkan di Makassar

George meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta

Makassar, IDN Times - Jenazah mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (purn) George Toisutta dimakamkan di pemakaman umum Dadi, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Rabu sore (12/6). Jenazah George diterbangkan dari Jakarta, tiba sekitar pukul 15.00 Wita di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Proses pemakaman berlangsung secara militer dipimpin Wakil Kasad Letnan Jenderal Tatang Sulaiman sebagai inspektur upacara, yang diikuti perwira dan prajurit TNI AD dari Kodam XIV/Hasanuddin. 

Pemakaman mantan orang nomor satu di TNI AD ini dihadiri ratusan pelayat, baik dari kalangan TNI, Polri, pejabat pemerintahan, dan masyarakat umum. Meskipun dibarengi hujan, prosesi pemakaman George berlangsung khidmat dan lancar.

Baca Juga: Wagub Sulsel: Jenderal (Purn) George Toisutta Sosok Cerdas dan Kuat

1. George Toisutta meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto

Jenazah Mantan KSAD George Toisutta Dimakamkan di MakassarIDN Times/Abdurrahman

Mantan Panglima Kostrad ini meninggal dunia di Rumah Sakit Prajurit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, sekitar pukul 05.25 WIB pagi tadi, setelah dirawat selama dua minggu akibat penyakit kanker usus yang diderita almarhum.

Almarhum yang lahir di Makassar, pada 1 Juni, 66 tahun silam ini meninggalkan seorang istri, Hj. Nur Alam dan tiga orang putra dan putri. Sebelum berdinas di militer, almarhum menghabiskan masa kecil dan remajanya di Makassar. 

2. Almarhum George dikenal sebagai prajurit TNI yang baik hati

Jenazah Mantan KSAD George Toisutta Dimakamkan di MakassarIDN Times/Abdurrahman

Menurut Wakil KSAD Letjen Tatang usai pemakaman, almarhum merupakan senior, sekaligus pelatih yang baik bagi para juniornya. Tatang juga menyebut, almarhum sebagai prajurit TNI yang menonjol di angkatannya.

“Beliau adalah prajurit yang berprestasi, jarang ada yang bisa menjadi panglima sebanyak lima kali, pernah jadi panglima operasi di Aceh, panglima divisi, Pangdam Cendrawasih, Pangdam Siliwangi, dan Pangkostrad,” ujar Tatang. 

Sementara menurut Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo, almarhum merupakan senior yang sangat baik pada junior-juniornya. Gatot ikut mengantar jenazah dari Jakarta menuju Makassar. 

3. Sejumlah tokoh melayat di pemakaman almarhum George Toisutta

Jenazah Mantan KSAD George Toisutta Dimakamkan di MakassarIDN Times/Abdurrahman

Prosesi pemakaman almarhum George Toisutta yang dimakamkan di samping makam kedua orang tuanya, dihadiri sejumlah tokoh nasional, selain Gatot Nurmantyo, mantan Kasum TNI AD Letjen (purn) Johannes Suryo Prabowo, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Adnas, Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, serta sejumlah perwira dari TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

George Toisutta, juga dikenal sebagai wakil ketua tim pemenangan Prabowo-Sandi dalam Pilpres lalu. Pilpres sebelumnya, George juga menjadi salah satu ketua tim pemenangan Prabowo-Hatta Rajasa. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Prabowo sempat membesuk George yang terbaring di RSPAD Gatot Subroto. 

Baca Juga: Mantan KSAD George Toisutta Tutup Usia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You