Wapres Perintahkan Menteri Tinjau Dampak Gempa di Selayar

Wapres menelepon Bupati Selayar usai gempa M 7,4

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menelepon Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali, Sulawesi Selatan, usai daerah itu terdampak gempa, Selasa (14/2/2021).

Selayar merupakan daerah yang terdampak parah gempa M 7,4 terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur. Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya 364 rumah rusak akibat gempa.

Basli Ali, dalam siaran persnya mengatakan, dia menerima telepon Wapres Ma'ruf Amin pada Selasa malam. Wapres disebut menanyakan langsung terkait dampak gempa yang terjadi di wilayah Selayar.

Baca Juga: BNPB: 134 Rumah di Selayar Rusak Berat karena Gempa NTT

1. Basli melaporkan data kerusakan akibat gempa

Wapres Perintahkan Menteri Tinjau Dampak Gempa di SelayarPagar sebuah sekolah di Kepulauan Selayar roboh akibat gempa, Selasa (14/12/2021). (Dok. Istimewa)

Dalam laporannya, Basli Ali menyampaikan ada dua kecamatan di Selayar yang terdampak parah, yakni Kecamatan Pasilambena dan Pasimarannu. Dua kecamatan ini berada dekat dengan episentrum gempa. Seperti dalam rilis BMKG, pusat gempa berada pada 129 km Barat Laut Maumere-Sikka-NTT, pada kedalaman 10 km. 

Meski tidak ada korban jiwa, namun pada dua kecamatan tersebut dilaporkan banyak rumah warga, gedung sekolah, serta fasilitas umum lainnya mengalami rusak parah. 

2. Wapres perintahkan dua menteri ke Selayar

Wapres Perintahkan Menteri Tinjau Dampak Gempa di SelayarBupati Selayar Basli Ali. (Dok. Humas Pemkab Selayar)

Basli ali mengatakan, Wapres akan memerintahkan Menteri Sosial dan menteri PUPR untuk segera meninjau. Mensos diminta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa di Kepulauan Selayar. Sedangkan Menteri PUPR bakal meninjau sarana dan prasarana umum yang rusak.

Rencananya, pagi ini Bupati Selayar akan meninjau langsung daerah terdampak gempa dengan menggunakan kapal speed boat. Bupati berencana memberikan bantuan sekaligus melihat langsung kondisi masyarakat di wilayah tersebut.

3. Sebanyak 346 rumah rusak

Wapres Perintahkan Menteri Tinjau Dampak Gempa di SelayarSebuah rumah di Kabupaten Selayar rusak setelah gempa di Laut Flores, Selasa (14/12/2021). IDN Times/Istimewa

Menurut data yang dihimpun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, setidaknya 346 rumah di Selayar rusak akibat gempa. Dan 134 rumah di antaranya mengalami rusak berat.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyebut kerusakan rumah terdapat di empat kecamatan di Selayar, yakni Kecamatan Takabonerate, Pasilambena, Pasimarannu, dan Passimasunggu.

"Yang terparah terjadi di dua kecamatan terdekat dari pusat gempa, yakni Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu," kata Sudirman dalam keterangan persnya, Rabu.

Sudirman mengatakan pemerintah provinsi segera mengirimkan bantuan ke Selayar. Pihaknya juga mengerahkan tim medis, tim dapur umum, dan tim evakuasi ke daerah yang terdampak gempa.

"Tim medis bersegera ke lokasi, termasuk untuk membawa logistik yang sudah kita drop untuk satu ton pertama berupa beras, dan juga tim dapur umum untuk dua wilayah yang sangat terdampak di wilayah terdekat dari pusat gempa di NTT," katanya.

Sudirman mengungkapkan, bantuan untuk korban gempa akan dikirim secara bertahap, mengingat kapasitas kapal pengangkut logistik terbatas.

"Kita berharap semua warga tenang dan tidak panik namun tetap waspada, serta senantiasa berdoa untuk keselamatan kita semua," ucapnya.

Baca Juga: Waspada Gempa Susulan, Warga Selayar Mengungsi ke Ketinggian

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya