Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNS

Rahmat gembira impiannya segera terwujud

Makassar, IDN Times - Atlet angkat besi asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah segera mewujudkan impiannya. Sebab dia segera diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kabar gembira itu diterima Rahmat usai menyumbang medali emas buat Indonesia di ajang SEA Games Vietnam 2021. Dia menjadi yang terbaik di kelas 73 kg putra.

"Saya akan jadi PNS yang bakal punya pensiun. Pak Menteri kan tadi sudah bicara di depan saya dan ayah," kata Rahmat, dikutip dari laman Kemenpora, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA Games

1. Rahmat pertajam rekor di kelas 73 kg

Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNSRahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Kredit foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWSRahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam (Dok. NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS)

Rahmat Erwin Abdullah sukses merebut medali emas dan mempertajam rekor Snatch dan Clean & Jerk dan total angkatan di kelas 73 kg cabang olahraga angkat besi SEA Games 2021 Vietnam.

Dalam pertandingan di Hanoi Sports and Competition Centre, Vietnam, Sabtu (21/5), Erwin Rahmat Abdullah bukan hanya merebut medali emas dengan total angkatan 345 kg tetapi memperbarui rekor SEA Games untuk kedua jenis angkatan.

Pada angkatan Snatch, Erwin berhasil mempertajam rekor dengan mencatat angkatan 155kg. Sebelumnya, dia memecahkan rekor pada SEA Games 2019 Filipina dengan angkatan 145kg.

Putra tunggal pasangan Erwin Abdullah dan Ami AB yang tampil dingin itu kembali mempertajam rekor angkatan Clean & Jerk dengan angkatan seberat 190kg pada angkatan kedua. Angkatan tersebut melampaui rekornya pada SEA Games 2019 Filipina seberat 185kg.

2. Rahmat Erwin menyusul Eko Yuli

Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNSLifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg Putra Grup B Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali perunggu dengan total angkatan 342 kg. (ANTARA FOTO/NOC Indonesia)

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memang menjanjikan Rahmat bakal jadi PNS. Namun Kemenpora menunggu usia Rahmat cukup.

"Sekarang, dia akan jadi PNS karena usianya sudah cukup seperti Eko Yuli Irawan," kata Menpora Amali.

3. Modal manis menuju Olimpiade Paris 2024

Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNSpotret Rahmat Erwin Abdullah (Reuters / Edgard Garrido)

Zainudin Amali mengucapkan selamat dan bangga atas capaian lifter Rahmat Erwin  Abdullah.

"Sejak meninjau pelatnas angkat besi beberapa waktu lalu saya sudah punya keyakinan kalau Rahmat akan sukses di SEA Games 2021 Vietnam, apalagi dia sudah bermain di Olimpiade," kata Menpora.

Rahmat diharapkan melanjutkan prestasinya di tingkat internasional, terutama di Olimpiade mendatang.

"Saya bangga sekali apalagi dia hari ini bisa memcahkan rekor SEA Games, bahkan mencoba pecahkan rekor dunia. Saat mengalungkan medali tadi saya berpesan bahwa, perjalanan kamu (Rahmat) masih panjang, jadikan prestasi ini untuk menuju kualifikasi Olimpiade 2024 Paris," kata Menpora Amali. 

Baca Juga: Daftar 13 Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya