Comscore Tracker

Unhas Konfirmasi Tiga Pegawainya Positif COVID-19

Para pegawai yang positif disebut merupakan teman akrab

Makassar, IDN Times – Universitas Hasanuddin mengonfirmasi bahwa tiga pegawainya dinyatakan positif COVID-19. Hasil itu diketahui dari pemeriksaan swab.

“Ketiganya bukan pegawai Rektorat, melainkan pegawai Fakultas Kedokteran 2 orang dan pegawai di Fakultas MIPA, 1 orang,” kata Humas Unhas Ishaq Rahman, Jumat (5/6).

Baca Juga: Viral Keluarga Bawa Kabur Jenazah PDP dari Rumah Sakit di Makassar

1. Tiga orang yang positif merupakan teman dekat

Unhas Konfirmasi Tiga Pegawainya Positif COVID-19Ilustrasi. Ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR)/ANTARA FOTO/Moch Asim

Ishaq mengatakan, tiga pegawai yang positif saling berteman akrab. Ada empat orang yang selalu jalan bersama dan menggunakan satu mobil, tapi satu orang lain hasil pemeriksaannya negatif.

Awalnya, ada salah satu di antara mereka yang memiliki gejala COVID-19 usai lebaran Idulfitri lalu, yakni deman. Setelah memeriksakan diri, hasilnya diketahui positif. Tiga orang lain menyusul memeriksakan diri dengan tes swab.

“Hasil pemeriksaan, ternyata dua orang lagi ditemukan positif, dan 1 orang yang dari Fakultas MIPA hasilnya negative,” ucap Ishaq.

2. Pegawai ditemukan positif sebelum kampus dibuka

Unhas Konfirmasi Tiga Pegawainya Positif COVID-19Ilustrasi. Swab test terhadap pedagang pasar raya Padang, Sumatera Barat. IDN Times/Andri NH

Ishaq menyatakan pegawai Unhas yang dimaksud mengalami gejala dan diperiksa sebelum aktivitas kampus berjalan penuh setelah libur lebaran. Kampus kembali beraktivitas penuh pada Selasa (2/6).

“Sementara pegawai yang mengalami gejala itu seminggu sebelumnya, dia diperiksa swab pada Sabtu, 30 Mei kemarin,” Ishaq menerangkan.

3. Unhas memeriksa pegawai kampus untuk mengantisipasi penularan virus

Unhas Konfirmasi Tiga Pegawainya Positif COVID-19unhas.ac.id

Unhas memastikan tiga orang pegawai yang positif COVID-19 tidak terinfeksi di kampus. Sebab mereka belum beraktivitas di kampus setelah lebaran.

Meski begitu, pihak Unhas sudah menempuh langkah pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran virus. Pimpinan universitas dan pimpinan fakultas masing-masing, kata Ishaq, telah menelusuri riwayat kontak fisik para pegawai yang positif.

“Kemarin seluruh pegawai Fakultas Kedokteran telah dilakukan tes swab, dan belum ada yang hasilnya positif. Sementara untuk pegawai Fakultas MIPA juga sedang dalam persiapan utk melakukan tes swab oleh Tim Satgas Covid-19 Unhas,” kata Ishaq.

Baca Juga: Sulsel Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 19 Juni

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya