Comscore Tracker

Tol Layang Pertama di Makassar Rampung Juli 2020

Progres pengerjaan konstruksi sudah 43 persen dari rencana

Makassar, IDN Times - Kontraktor PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) terus memacu pembangunan konstruksi jalan tol layang di sepanjang Jalan AP Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hingga November 2019, pengerjaan proyek sudah mencapai 43 persen atau mendekati separuh dari rencana.

Tol layang direncanakan berdiri sepanjang 4,3 kilometer di Jalan AP Pettarani. Dikerjakan sejak April 2018, pengerjaan proyek awalnya ditarget selama 22 bulan.

“Mudah-mudahan pada Juli 2020, tahun depan, ini bisa rampung, Insya Allah,” kata Direktur Utama PT BMN Anwar Toha di Makassar, Senin (18/11).

Baca Juga: Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Proyek Tol Layang Pettarani

1. Kontraktor akui pembangunan sempat terhambat

Tol Layang Pertama di Makassar Rampung Juli 2020IDN Times/Asrhawi Muin

Jika mengacu pada masa awal pengerjaan, proyek jalan tol layang AP Pettarani seharusnya selesai pada Februari 2020. Namun kontraktor realistis pengerjaan akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Anwar mengatakan, pengerjaan konstruksi tidak semulus yang direncanakan. Sempat ditemukan sejumlah hambatan di lokasi yang membuat . Misalnya pemindahan pipa PDAM, tiang reklame, kabel telepon, hingga saluran fiber. 

“Itu semua yang menghambat laju progres. Tapi sejauh ini, mudah-mudahan Juli-lah, sudah rampung,” ucapnya.

2. Sebagian besar tiang penyangga sudah berdiri

Tol Layang Pertama di Makassar Rampung Juli 2020IDN Times / Aan Pranata

Tol layang AP Pettarani Makassar akan membentang dengan 74 beton tiang penyangga. Menurut pantauan IDN Times, sejauh ini sebagian besar tiang sudah berdiri dan menopang dek jembatan yang telah tersambung pada beberapa titik. Jalan tol layang direncanakan terdiri dari empat lajur, dengan masing-masing dua jalur pada dua arah jalan. 

Pelaksanaan konstruksi tol layang AP Pettarani diserahkan kepada pihak ketiga, yakni PT Wijaya Karya (WIKA). Manajer proyek Didi Rustadi sebelumnya mengatakan, sejauh ini pengerjaan berlangsung sesuai rencana.

3. Tol layang jadi solusi kemacetan di jalan utama Kota Makassar

Tol Layang Pertama di Makassar Rampung Juli 2020twitter.com/diskominfoMKS

Pemkot Makassar dan PT BMN membangun tol layang pertama dalam kota, dengan nilai investasi Rp2,2 triliun. Proyek ini tak melalui pembebasan lahan karena berdiri di atas jalan nasional AP Pettarani.

Tol layang akan menjadi jalan alternatif di sepanjang Jalan AP Pettarani untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Jalan protokol tersebut selama ini dikenal sebagai kawasan ruas utama yang rawan kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk.

Konstruksi memanfaatkan konsep beton box girder, teknologi mutakhir untuk jalan layang. Salah satu keuntungannya adalah ketahanan torsi yang lebih baik.

“Tol layang AP Pettarani diharapkan dapat menjadi ikon baru, serta dapat mendukung sistem transportasi di kota Makassar,” kata Direktur Utama PT BMN Anwar Toha jelang dimulainya pembangunan, Mei 2018 lalu.

Baca Juga: Progres Tol Layang AP Pettarani Capai 25 Persen, Kapan Selesainya?  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You