Tips PLN Hindari Kebakaran akibat Korsleting Listrik

Pastikan kelistrikan di rumahmu dalam kondisi aman

Makassar, IDN Times - PT PLN mengimbau masyarakat memastikan listrik di rumah masing-masing dalam kondisi aman. Itu untuk mencegah hal-hal tak diinginkan, seperti korsleting listrik yang bisa berakibat kebakaran.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin mengatkan, pihaknya berkomitmen menjaga keandalan listrik hingga ke rumah pelanggan. PLN mengutamakan prinsip keselamatan ketenagalistrikan.

“Keselamatan manusia merupakan hal yang utama, dengan tertib memanfaatkan tenaga listrik, masyarakat juga turut memiliki komitmen untuk menjaga hal tersebut,” kata Andy dalam siaran persnya, Minggu (21/5/2023).

Baca Juga: PLN: Kendaraan Listrik Lebih Hemat 75 Persen Dibandingkan BBM

1. Aliran listrik PLN mengutamakan prinsip keselamatan

Tips PLN Hindari Kebakaran akibat Korsleting ListrikIlustrasi meteran listrik (Dok. PLN)

Andy menjelaskan bahwa PLN mengupayakan berbagai hal untuk memastikan keamanan listrik yang sampai ke rumah pelanggan. Antara lain dengan memasang alat pengukur (kWh meter) yang berfungsi mengukur pemakaian energi listrik. Alat itu dilengkapi Mini Circuit Breaker (MCB) untuk membatasi daya listrik yang masuk ke rumah pelanggan, listrik yang masuk sesuai dengan daya berlangganan dan dengan kapasitas kabel yang terpasang di rumah pelanggan.

“MCB berfungsi untuk membatasi dan mengamankan arus listrik yang masuk, apabila tidak ada MCB di rumah pelanggan, dikhawatirkan arus listrik yang masuk itu berlebih sehingga kabelnya panas dan berpotensi korsleting sampai timbul percikan api dan kebakaran,” kata Andy.

PLN, kata Andy, juga rutin menginspeksi jaringan listrik yang menjadi aset mereka. Mulai dari pembangkit sampai ke hingga kWh Meter dan MCB di rumah-rumah pelanggan. Kewenangan PLN cuma sampai di situ, sementara instalasi listrik di dalam rumah pelanggan jadi hak dan wewenang pelanggan.

2. Tips mencegah korsleting

Tips PLN Hindari Kebakaran akibat Korsleting ListrikPetugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

Untuk terhindar dari bahaya kelistrikan, PLN memberikan kiat kepada pelanggan agar tertib memanfaatkan tenaga listrik, di antaranya:

  • Tidak mengutak-atik APP mulai kWh meter dan MCB PLN yang berada di rumah pelanggan, karena selain berbahaya, juga termasuk dalam pelanggaran;
  • Tidak mengambil listrik langsung dari tiang atau dari Kabel yang sebeluk masuk kWh Meter;
  • Jika memerlukan listrik tambahan baik untuk sementara maupun permanen, bisa menghubungi PLN secara resmi melalui aplikasi PLN Mobile;
  • Jika terjadi masalah kelistrikan yang menjadi wewenang PLN, pelanggan bisa menghubungi PLN di aplikasi PLN Mobile, sehingga pengaduannya tercatat dan petugas yang datang juga merupakan petugas resmi yang ditugaskan PLN;
  • Sebelum membeli atau sewa rumah, pastikan tidak ada masalah kelistrikan terkait kWh meter maupun pembayaran listrik. Dalam perjanjian sewa atau jual beli, kelistrikan bisa dimasukkan dalam salah satu klausul;
  • Jika terdapat masalah kelistrikan di dalam rumah, pelanggan bisa menghubungi teknisi kelistrikan melalui PLN Mobile pada fitur ListriQu.

3. Hati-hati dengan pungli

Tips PLN Hindari Kebakaran akibat Korsleting ListrikPetugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Andy juga menambahkan dalam hal pemasangan baru, penambahan daya, maupun transaksi kelistrikan lain dengan PLN, pelanggan akan mendapatkan nomor registrasi untuk pembayaran melalui bank. PLN tidak melayani menerima pembayaran di lokasi.

“Seluruh kebutuhan pelanggan kini dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile mulai dari simulasi pasang baru dan tambah daya agar transparan,” ucap Andy.

Baca Juga: Token Listrik 100 Ribu Berapa kWh? Ini Penjelasan Lengkapnya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya