Comscore Tracker

Terlihat di Makassar, Gerhana Matahari Hanya 75 Persen

Cuaca langit cerah saat puncak pemantauan gerhana

Makassar, IDN Times - Gerhana matahari sebagian terlihat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/12) siang. Fenomena itu terlihat jelas melalui teropong pemantauan gerhana Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV, yang ditempatkan di anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur.

Pemantauan gerhana di Pantai Losari didukung cuaca cerah. Puluhan orang terlihat memadati stan BBMKG yang menyediakan sejumlah teropong pemantauan.

"Pada puncak gerhana pukul 14.14 Wita, 75 persen cahaya matahari tertutup," kata Joharman, Kepala Bidang Obvservasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Kamis (16/12).

1. Makassar tidak dilalui fase gerhana matahari cincin

Terlihat di Makassar, Gerhana Matahari Hanya 75 PersenPengamatan gerhana matahari di anjungan Pantai Losari Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Ada 25 kabupaten/kota pada tujuh provinsi di Indonesia yang dilintasi fase Gerhana Matahari Cincin. Makassar dan sebagian besar wilayah Sulsel tidak termasuk.

Gerhana yang teramati dari Sulsel adalah Gerhana Matahari Sebagian. Fase yang bisa diamati hanya Kontak Pertama, Puncak Gerhana, dan Kontak Keempat. Secara umum, gerhana di Sulsel dimulai pukul 12.26 WITA, dan berakhir pukul 15.47 WITA.

“Durasi gerhana yang teramati di Sulawesi Selatan rata-rata adalah 3 jam 21 menit,” ucap Joharman.

2. Pengamatan gerhana jadi wisata edukasi

Terlihat di Makassar, Gerhana Matahari Hanya 75 PersenPengamatan gerhana matahari di anjungan Pantai Losari Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Pada stan pengamatan di Pantai Losari, BBMKG menyediakan layar yang menayangkan secara langsung fase gerhana matahari. Pengunjung bisa mengaksesnya secara gratis.

Di sekitar stan, disediakan sejumlah teleskop pengamat. Orang-orang nampak memerhatikan tangkapan gerhana dari jarak jauh. Sepuluh orang petugas BBMKG hilir mudik melayani pertanyaan warga seputar gerhana.

"Tujuan kita pada pemantauan hari ini, untuk memverifikasi antara hasil hitungan perkiraan kita dengan keadaan di lapangan. Masyarakat juga bisa berpartisipasi untuk berwisata sekaligus belajar tentang gerhana, jadi bisa sama-sama menyaksikan langsung," ucap Joharman.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Bagaimana di Makassar?

3. Gerhana berikutnya diprediksi terjadi tahun 2031

Terlihat di Makassar, Gerhana Matahari Hanya 75 PersenPengamatan gerhana matahari di anjungan Pantai Losari Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Joharman menjelaskan Gerhana Matahari Cincin berlangsung dalam siklus waktu tertentu. Lokasinya tidak berulang setiap kali terjadi.

Gerhana Matahari Cincin selanjutnya diperkirakan terjadi pada 21 Mei 2031, yang dapat diamati di Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Bagaimana dengan Makassar?

"Untuk yang berikutnya, fase gerhana matahari cincin tidak melintasi Makassar," kata Joharman.

Baca Juga: Sejumlah Spot Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin Siang Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya