Pj Gubernur Sulbar Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Akmal Malik mulai mengisi kekosongan jabatan gubernur

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik diminta memperbaiki tata kelola pemerintahan. Harapannya, dia bisa melaksanakan pembangunan yang lebih baik di daerah itu.

Soal itu disampaikan Ketua Umum Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Sulbar Asri Anas.

"Harapan kami sebagai masyarakat Sulbar kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Akmal Malik adalah memperbaiki tata kelola pemerintahan Sulbar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Asri dikutip dari Antara Sulsel, Rabu (18/5).

Baca Juga: Sampel Pasien Suspek Hepatitis asal Sulbar Dikirim ke Jakarta 

1. Pengalaman Akmal di Kemendagri dibutuhkan di Sulbar

Pj Gubernur Sulbar Diminta Tingkatkan Kesejahteraan WargaDirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik (dok. Kapuspen Kemendagri)

Asri mengatakan, masyarakat Sulbar membutuhkan jalannya pemerintahan yang baik dan mampu meningkatkan kesejahterana masyarakat. Menurut dia, Akmal Malik memiliki kemampuan untuk memperbaiki Pemprov Sulbar karena punya pengalaman sebagai pejabat senior di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kemampuan Bapak Akmal Malik yang saat ini Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri diyakini akan mampu membawa pemerintah Sulbar yang mampu menyejahterakan masyarakat," katanya.

2. Sulbar daerah strategis penyangga IKN

Pj Gubernur Sulbar Diminta Tingkatkan Kesejahteraan WargaSejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Asri menyampaikan tata kelola pemerintahan di Sulbar saat ini masih perlu ditingkatkan dalam melaksanakan program pembangunan untuk masyarakat. Ia juga meminta Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menjadikan daerahnya sebagai kawasan strategis penyangga ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Diminta agar Sulbar disiapkan penyangga ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, dengan meningkatkan segala kebutuhan yang dapat mendukungnya," katanya.

Ia mengatakan Sulbar berpotensi maju dan berkembang ketika mampu melaksanakan pembangunan di segala bidang sebagai penyangga IKN.

"Sulbar memiliki potensi ekonomi yang bisa dibangun di sektor pertanian, perikanan, pertambangan, perkebunan, dan sejumlah bidang lainnya hendaknya dikelola dengan baik memakmurkan daerah dan memenuhi kebutuhan IKN agar masyarakat Sulbar dapat lebih sejahtera secara ekonomi," ucapnya.

3. Akmal Malik mulai mengisi kekosongan jabatan

Pj Gubernur Sulbar Diminta Tingkatkan Kesejahteraan WargaDirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik (dok. Kapuspen Kemendagri)

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu (18/5/2022). Dia disambut dengan pengalungan sarung Sutra Mandar oleh Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris.

Akmal Malik menyampaikan, kehadirannya di Sulbar dalam rangka penugasan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan adanya masa transisi kepemimpinan dengan kosongnya jabatan Gubernur. Itu sebagai bentuk kebijakan negara untuk menghadapi Pilkada serentak di tahun 2024.

" Terima kasih atas sambutan luar biasa dari masyarakat Sulbar, kebetulan saya pejabat tinggi Madya yang juga menjabat sebagai Dirjen Otda Kemendagri, yang ditugaskan Presiden di mana tugas utama saya untuk memastikan tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik," kata Akmal.

Lebih lanjut disampaikan, sesuai arahan Presiden RI, Akmal selaku penjabat yang baru akan terus menjalankan visi misi Presiden, karena tidak ada visi misi penjabat. Kehadirannya di Sulbar karena ditugaskan Presiden untuk memastikan pemerintahan di Sulbar berjalan dengan baik

" Saya hadir di sini ditugaskan karena ada transisi kepemimpinan, maka dari itu saya menyampaikan kepada masyarakat Sulbar, bahwa kedatangan saya ke Sulbar dalam rangka penugasan oleh Presiden dan tentunya bersama-sama dengan para OPD serta Forkopimda untuk melanjutkan hal-hal positif yang pernah dilakukan penyelenggara sebelumnya, ucap Akmal.

Baca Juga: Ali Baal Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Sulbar di Jakarta

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya