Perseru Tantang PSM dengan Kekuatan Seadanya

Namun Kalezic memilih fokus pada persiapan timnya sendiri

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menjamu Perseru Serui pada pertandingan leg pertama Babak 16 Besar Piala Indonesia, di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Sabtu (16/2) besok. Tim tamu datang dengan kekuatan minim di tengah isu bubarnya klub akibat kesulitan finansial.

Pelatih Perseru Choirul Huda mengungkapkan, timnya hanya membawa 12 pemain ke Makassar. Sebagai pelengkap, ditambahkan tiga pemain dari tim U-19. Anggota skuat Perseru diakui minim karena sebagian pemain sudah hijrah, seiring habisnya kontrak di akhir musim lalu.

“Kita berpikir apa yang ada saja. Apa pun situasinya, kami berharap agar pertandingan berjalan, Serui bisa main apa pun hasilnya,” kata Huda pada jumpa pers pra-pertandingan di Makassar, Jumat (15/2).

1. Huda meminta timnya berjuang demi harga diri

Perseru Tantang PSM dengan Kekuatan Seadanyaliga-indonesia.id

Pertandingan PSM Makassar melawan Perseru akan melanjutkan rivalitas tim sesama peserta Liga 1. Keduanya sering bertemu dalam beberapa musim terakhir, namun kemenangan lebih dominan di kubu PSM.

Sejak September 2016, Wiljan Pluim dan kawan-kawan tercatat tiga kali menang atas Perseru. Dua pertandingan lain berakhir imbang, termasuk pada pertemuan terakhir dengan skor 2-2 di Makassar, Agustus 2018. Dengan kata lain, Perseru tidak pernah menang atas PSM dalam lima pertandingan terakhir.

Choirul Huda mengakui peluang timnya di pertandingan besok tidak mudah. Apalagi kali ini Perseru datang dengan minim persiapan dan latihan. Dia menganggap kondisi itu berbeda dengan PSM yang sudah matang dan skuat lengkap.

“Harapan saya, tim ini tetap bisa memberikan yang terbaik, dan menjaga harga diri klub kebanggaan masyarakat Serui,” kata Huda.

2. PSM uji coba taktik baru di tangan Kalezic

Perseru Tantang PSM dengan Kekuatan SeadanyaIDN Times / Aan Pranata

Pertandingan Piala Indonesia bakal menjadi debut pelatih Darije Kalezic di PSM Makassar. Dia menggantikan peran Robert Alberts dan belum pernah mendampingi tim bertanding di lapangan. Pria asal Bosnia itu pun menyatakan tidak sabar menjalankan tugasnya.

Kalezic menerangkan bahwa persiapan PSM sebenarnya belum terlalu matang. Sebab dia baru memimpin tim dalam lima atau enam sesi latihan. Meski begitu, dia mengisyaratkan bahwa Juku Eja akan tampil dengan taktik yang berbeda dari biasanya.

“Saya tidak sabar menantikan pertandingan besok dan menunjukkan hasil kerja tim di hadapan supporter. Kami akan menunjukkan apa yang sudah pemain dapatkan di latihan, dan tentu kita berharap hasil yang baik,” ucap Kalezic.

3. Kalezic enggan terpengaruh kondisi internal lawannya

Perseru Tantang PSM dengan Kekuatan SeadanyaIDN Times / Aan Pranata

Perseru datang ke kandang PSM di tengah isu bubar serta berbagai masalah internal klub. Kalezic enggan terpengaruh dengan kondisi itu, dan menyatakan fokus pada kesiapan tim sendiri.

Kalezic meminta para pemain PSM agar mengerahkan kemampuan terbaik di lapangan. Dia ingin timnya menang agar semakin dekat ke Babak 8 Besar. 

“Optimisme saya tidak berdasarkan informasi calon lawan siap atau tidak. Optimisme saya berdasarkan apa yang pemain tunjukkan ke saya. Besok kami fokus ke kekuatan kami sendiri,” Kalezic menegaskan.

Baca Juga: Pelatih PSM Pelajari Rekaman Pertandingan Melawan Perseru

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya