Pengerjaan Rel Kereta, Jalan Poros Maros-Pangkep Ditutup 5 Jam

Disiapkan jalur alternatif bagi kendaraan kecil

Makassar, IDN Times - Jalur Trans Sulawesi di jalan poros Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, akan ditutup total selama lima jam. Penutupan jalan dalam rangka pengerjaan konstruksi rel kereta.

Jalan yang ditutup tepatnya di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros. Jalan ditutup penuh dua arah pada Rabu (24/8/2022) pukul 23.00 Wita hingga Kamis (25/8/2022) pukul 4.00 Wita.

"Masyarakat untuk dapat mengurangi aktivitas di jalan poros Makassar-Parepare terutama yang ada di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, supaya tidak terjebak dalam kemacetan," kata Kepala Seksi Perawatan dan Peningkatan pada Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Arief Sudiatmoko di Maros, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: Dua Gerbong Kereta Api Tiba di Makassar Desember 2022

1. Ada penggeseran rangka jembatan

Pengerjaan Rel Kereta, Jalan Poros Maros-Pangkep Ditutup 5 JamGambar ilustrasi jembatan kereta yang melintas di atas jalan poros Maros-Pangkep. (IDN Times/Aan Pranata)

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) konstruksi pembagunan rel kereta Maros-Pangkep Ari Wibowo mengatakan, jalan poros harus ditutup karena ada penggeseran jembatan kerangka baja. Jembatan sepanjang 60 meter itu akan ditempatkan melintang tepat di atas jalan.

Ari menerangkan, rangka jembatan akan didorong dengan tenaga hidrolik. Jembatan digeser secara bertahap, dengan pergerakan sekitar 90 centimeter per gerakan hidrolik. Total dibutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk memindahkan rangka jembatan di posisi direncanakan.

"Tim Satgas sepakat kita sudah akan menutup total (jalan) untuk kendaraan besar. Untuk kendaraan kecil bisa dialihkan lewat jalan akses yang disiapkan," kata Ari.

2. Ini jalur alternatif yang disiapkan

Saat penggeseran jembatan rel kereta, jalan poros di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Maros, akan ditutup total. Untuk yang ingin melintas, petugas menyiapkan jalur alternatif. Namun jalan ini hanya untuk motor dan kendaraan roda empat non-angkutan barang. 

Jika berkendara dari arah Pangkep ke Maros, jalan alternatif bisa ditempuh dengan belok kiri sebelum SPBU Tambua. Arahkan kendaraan ke arah Desa Bontorea dengan jalan sepanjang 3 kilometer. Jalan akan mengarah keluar ke jalan poros di dekat Polsek Lau.

Kendaraan barang yang terlanjur berada di lokasi saat penutupan jalan, diharapkan bersabar menunggu dan menempati kantong parkir yang disediakan. Sedangkan kendaraan dengan urusan daruat seperti ambulans bisa menempuh jalur escape road yang disiapkan di sekitar area pergeseran jembatan.

"Ditekankan kepada angkutan barang, supaya menunda dulu, supaya perjalanannya tidak terganggu atau tidak terjadi kemacetan panjang," kata Ari.

3. Penutupan jalan untuk mencegah kecelakaan

Pengerjaan Rel Kereta, Jalan Poros Maros-Pangkep Ditutup 5 JamDepo Kereta Api Kabupaten Maros. (IDN Times/Aan Pranata)

Ari menekankan bahwa proses penggeseran rangka jembatan sudah dipersiapkan matang. Prosesnya disebut aman, meski jembatan yang akan digeser beratnya sekitar 350 ton.

Penutupan jalan, kata Arief, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pengendara lalai hingga menabrak tiang penyangga jembatan. Itu bisa mempengaruhi posisi akhir jembatan.

"Kita sudah setingg posisi jembatan tidak boleh berubah, harus datar," katanya.

Meski penutupan jalan berlaku penuh selama lima jam, petugas tetap menyiapkan skenario pembukaan sementara di tengah proses pengerjaan. Itu terjadi jika terjadi penumpukan panjang kendaraan di sekitar lokasi.

"Kalau ada antrean panjang, kita bikin skenario setop dulu mungkin 15 menit. Kendaraan bisa berjalan 5 km per jam. Jembatan tidak masalah dilalui, aman. Yang ditakutkan jika pengendara lalai dan menabrak tiang," Ari melanjutkan.

Baca Juga: Polemik Desain Kereta Api Makassar, Luhut: Nanti Dilihat Hasil Kajian

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya