Pencari Rumput Laut di Bone Ditemukan Tewas Tenggelam

Nelayan melaporkan kapal terbalik dengan muatan rumput laut

Makassar, IDN Times - Seorang nelayan pencari rumput laut di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dilaporkan hilang usai terjatuh dari perahunya, Sabtu (16/9/2023). Pria bernama Abdul Wahab (43) itu ditemukan meninggal sehari berselang, Minggu (17/9/2023).

Menurut informasi Kantor Basarnas Sulsel, korban dilaporkan terjatuh dari perahu saat melaut di perairan Lantoro, Kecamatan Cenrana. Kejadian tersebut dilaporkan oleh nelayan yang menemukan kapal korban dengan muatan rumput laut.

Baca Juga: Lansia asal Bone Pulih dari Stroke Ringan berkat Air Zamzam

1. Pencarian sempat ditunda

Pencari Rumput Laut di Bone Ditemukan Tewas TenggelamTim SAR gabungan dikerahkan mencari nelayan tenggelam di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone. (Dok. Basarnas Sulsel)

Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Sulsel menerangkan, Abdul Wahab berangkat mencari rumput laut dengan perahu pada hari Sabtu. Namun pada malam hari, dia tidak kunjung pulang. Nelayan lain menemukan korban kapal terbalik dengan muatan rumput laut, namun Wahab tidak terlihat.

Masyarakat melaporkan kejadian itu ke Pos Sar Bone, yang langsung menerjunkan tim pencarian ke lokasi. Namun operasi pencarian tidak bisa langsung digelar pada Sabtu malam.

"Pencarian dilakukan keesokan hari karena tim tiba sudah malam hari dan kondisi sudah tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian," kata Mexianus, dalam keterangan yang dikutip, Senin (18/9/2023).

2. Jasad ditemukan tak jauh dari lokasi kapal terbalik

Pencari Rumput Laut di Bone Ditemukan Tewas TenggelamTim SAR gabungan menemukan jasad nelayan pencari rumput laut yang tenggelam di perairan Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Minggu (17/9/2023). (Dok. Basarnas Sulsel)

Mexianus mengatakan korban ditemukan dalam kondisi meninggal pada Minggu sekitar pukul 13.10. Jasadnya ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi kapal terbalik.

"Pencarian korban dilakukan dengan penyelaman dan penyisiran sekitar lokasi kejadian, dan alhamdulillah korban ditemukan, namun dalam keadaan meninggal dunia," katanya.

3. Operasi pencarian melibatkan berbagai unsur

Pencari Rumput Laut di Bone Ditemukan Tewas TenggelamTim SAR gabungan menemukan jasad nelayan pencari rumput laut yang tenggelam di perairan Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Minggu (17/9/2023). (Dok. Basarnas Sulsel)

Operasi pencarian korban melibatkan tim SAR Gabungan Terdiri rescuer Pos SAR Bone, SAR Yon C Satbrimob Polda Sulsel, BPBD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan masyarakat setempat.

"setelah korban ditemukan oleh tim sar gabungan, jenazah korban segera dibawa ke rumah duka," kata Mexianus.

Baca Juga: Cerita Fiersa Besari Kecelakaan Mobil di Bone, Nyaris Masuk Jurang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya