Pemprov Mulai Kerjakan Perbaikan Jalan Tun Abdul Razak Gowa

Anggaran pengerjaan jalan sepanjang 1,5 km senilai Rp8,48 M

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) memulai pengerjaan fisik perbaikan jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa.

Salah satu titik di jalan penghubung Gowa dengan Kota Makassar itu mengalami kerusakan parah hingga 1,5 kilometer. Saat hujan, jalan tergenang karena drainase tidak mampu menyalurkan air.

"Alhamdulillah Jalan Tun Abdul Razak telah mulai dikerjakan dengan nilai sekitar Rp8,48 miliar," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga: Dua Ruas Jalan Provinsi yang Rusak di Gowa Segera Diperbaiki

1. Masyarakat diminta bersabar menunggu pengerjaan selesai

Gubernur menyebut pengerjaan ruas jalan Tun Abdul Razak Gowa menjadi prioritas, sebab kondisi jalan yang mengalami kerusakan berat. Sedangkan jalan itu masuk kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi.

Kerusakan jalan ini kerap menjadi keluhan masyarakat. Andi Sudirman pun meminta kesabaran masyarakat dalam proses tahap pengerjaan.

"Butuh sedikit kesabaran dengan tahapan prosedur yang ada. Yang paling penting bersama seluruh jajaran terus memberikan terbaik bagi masyarakat," katanya.

2. Pemprov juga segera kerjakan ruas jalan Burung-burung

Di Jalan Tun Abdul Razak, ruas yang ditangani sepanjang 1,5 km. Utamanya ruas jalan yang rusak berat. Penanganan jalan ini juga termasuk pembenahan pada drainasenya.

Selain itu, ruas jalan provinsi lainnya di Gowa menjadi perhatian Pemprov, yakni ruas Burung-burung. Ada tiga ruas yang ditangani pada paket burung-burung, yakni Jalan Yasin Limpo, Jalan Burung-burung - Bili-bili dan Jalan Burung-Burung - Benteng Gajah. Selain itu juga dilakukan fokus penanganan pada perempatan Pattalasang yang juga mengalami kondisi rusak berat.

3. Pengerjaan Jalan Antang Raya Makassar menyusul

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga berencana memperbaiki jalan rusak dan berlubang di Jalan Antang Raya, Makassar. Rekonstruksi jalan berupa betonisasi.

Perbaikan jalan melalui teknik beton dinilai akan lebih tahan lama dan menyerap air. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, mengatakan jalan rusak Antang akan dibeton karena kondisinya yang selalu tergenang.

Sebagai tahap awal, Dinas PUTR juga telah mengukur jalan yang rusak. Astina mengatakan jalan yang akan diperbaiki sekitar 500 meter. 

Astina mengatakan pengerjaan ruas Jalan Antang Raya yang rusak akan dikerjakan bertahap. Untuk tahun ini, Dinas PUTR janya fokus pada pengerjaan jalan rusak saja sedangkan rekonstruksi keseluruhan baru akan dianggarkan pada tahun 2023.

"Saya masih merevisi. Kita baru DED (Detail Engineering Design, detail gambar kerja). Kurang lebih fisiknya akhir Juli, 45 hari. Yang lokasi rusak dulu yang mau ditangani. Selebihnya kita tangani 2023," ucapnya.

Baca Juga: Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Bakal Dibeton

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya