Pemkot Makassar Kaji Solusi Kemacetan Parah Jalan AP Pettarani

Penutupan jalan terus berlangsung selama proyek tol layang

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota tengah mempertimbangkan pemecahan masalah terhadap kemacetan lalu lintas di sepanjang Jalan AP Pettarani Makassar. Sejumlah titik di jalan ini jadi titik penumpukan kendaraan paling parah di dalam kota selama beberapa bulan terakhir.

Kemacetan lalu lintas di Jalan AP Pettarani sebagai imbas proyek pembangunan tol layang. Selama pengerjaan proyek, sebagian ruas jalan ditutup sehingga volume kendaraan bertumpuk.

“(Tol layang) ini sangat penting utamanya untuk mengatasi kemacetan di masa yang akan datang. Namun juga harus kita upayakan bagaimana mengatasi dampak kemacetan akibat pengerjaan proyek saat ini,” kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Sabtu (19/1).

1. Kemacetan diperparah rendahnya kesadaran pengguna jalan

Pemkot Makassar Kaji Solusi Kemacetan Parah Jalan AP PettaraniThe Jakarta Post

Danny -sapaan Ramdhan- mengatakan, kemacetan parah yang banyak dikeluhkan warga tak hanya diakibatkan padatnya volume kendaraan. Penyebab lain, kata dia, rendahnya kesadaran sebagian pengguna jalan dalam berkendara.

Menurut Danny, sebagian pengendara tidak mematuhi marka jalan yang tersedia. Mereka kerap berpindah atau memotong lajur secara sembarangan, sehingga mengakibatkan lalu lintas di belakangnya tersendat. Biasanya ini terjadi di sekitar titik perputaran jalan atau u-turn. 

“Paling penting bagaimana mencari solusi itu,” ucap Danny.

2. Wali Kota pertimbangkan penerapan separator

Pemkot Makassar Kaji Solusi Kemacetan Parah Jalan AP Pettaranitwitter.com/diskominfoMKS

Danny Pomanto mengungkapkan salah satu solusi ekstrem untuk menghindari kemacetan lalu lintas, yakni dengan pemasangan separator di sepanjang jalan. Terutama, pada titik-titik yang selama ini rawan penumpukan kendaraan.

Separator berfungsi untuk mencegah pengendara berpindah lajur seenaknya. Namun solusi ini masih dipertimbangkan dampaknya.

“Kita bikinkan jalur fix. Kalau mau belok atau pindah lajur kita pakai separator semua. Saya juga analisis bagaimana nanti efek-efek di situ,” dia mengatakan.

3. Tol layang AP Pettarani dikerjakan selama 22 bulan

Pemkot Makassar Kaji Solusi Kemacetan Parah Jalan AP PettaraniTwitter.com/DiskominfoMKS

Proyek tol layang AP Pettarani dikerjakan sejak April 2018, dengan perkiraan selesai 22 bulan kemudian. Tol layang membentang sepanjang 4,3 kilometer dengan nilai investasi Rp2,2 triliun. 

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN), Anwar Toha selaku investor mega tersebut mengatakan, penutupan ruas jalan AP Pettarani akan menyesuaikan progres pembangunan tol layang. Ia mengimbau masyarakat untuk menghindari jalan tersebut dan mencari alternatif lain.

Topik:

  • Aan Pranata
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya