Comscore Tracker

Pelantikan Dua legislator Genapkan 85 Anggota DPRD Sulsel  

Kini 30 persen anggota DPRD Sulsel diisi perempuan

Makassar, IDN Times - Dua legislator pengganti di DPRD Sulawesi Selatan periode 2019-2024 dilantik lewat sidang paripurna DPRD, Jumat (31/1). Mereka adalah Risfayanti Muin dari PDI Perjuangan, dan Adam Muhammad asal Partai Gerindra.

Pelantikan mereka ditandai pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Syahrial Sidik. Pelantikan digelar setelah Kementerian Dalam Negeri menerbitkan surat keputusan penetapan. Kedua legislator menggenapi anggota DPRD Sulsel menjadi 85 orang.

Sebelumnya, pada September 2019, dua legislator urung dilantik karena lebih dulu dipecat oleh partainya. Keduanya adalah Misriani Ilyas (Gerindra) dan Novianus YL Patanduk.

“Pelantikan ini berdasarkan hasil rapat pimpinan bersama fraksi PDIP dan Gerindra,” kata Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, dalam rapat paripurna yang dihadiri Gubernur Nurdin Abdullah, Jumat (31/1) pagi.

Baca Juga: Pelantikan Dua Legislator, DPRD Sulsel Tanpa Persiapan Khusus  

1. Kedua legislator langsung bergabung dengan alat kelengkapan dewan

Pelantikan Dua legislator Genapkan 85 Anggota DPRD Sulsel  Rapat paripurna pelantikan dua legislator DPRD Sulsel, Jumat (31/1). IDN Times/Aan Pranata

Pelantikan dua legislator pengganti sesuai dengan permintaan masing-masing partai. PDIP dan Gerindra mengajukan nama legislator melalui KPU, untuk mendapat persetujuan Kemendagri.

Setelah dilantik, Risfayanti dan Adam bisa langsung bekerja di DPRD Sulsel. Masing-masing fraksi juga telah menempatkan mereka pada alat kelengkapan dewan.

“Risfayanti Muin akan mengisi jabatan sebagai anggota Komisi E dan anggota Badan Musyawarah. Sedangkan Adam Muhammad akan menjadi anggota Komisi C dan anggota Badan Musyawarah,” ujar Ketua DPRD.

Terpisah, legislator yang dilantik juga menyatakan tidak akan membuang banyak waktu. “Saya sudah siap bekerja,” kata Risfayanti.

2. Risfayanti menggenapi kuota 30 persen legislator perempuan

Pelantikan Dua legislator Genapkan 85 Anggota DPRD Sulsel  IDN Times / Istimewa

Hadirnya Risfayanti Muin di DPRD Sulsel menambah jumlah legislator perempuan. Dari 85 legislator, sebanyak 30 persen di antaranya perempuan. Ketua Kaukus Perempuan Politik DPRD Andi Rachmatika Dewi mengapresiasi kemajuan tersebut, karena jarang terjadi di daerah lain keterwakilan perempuan seperti di Sulsel. 

Cicu -sapaan Rachmatika- berharap jumlah legislator perempuan di Sulsel bisa bertambah di periode mendatang.

“Kita juga berharap akan lebih banyak lagi regulasi yang dihasilkan oleh DPRD, yang bukan hanya pro kepada perempuan, tetapi kepada masyarakat Sulsel umumnya,” ucap Cicu.

3. Gubernur minta dukungan DPRD

Pelantikan Dua legislator Genapkan 85 Anggota DPRD Sulsel  Kantor DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyampaikan selamat kepada dua legislator yang dilantik. Dia berharap para anggota DPRD Sulsel bisa menjalankan amanah rakyat dengan baik, dan menjaga hubungan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi.

Sebelumnya, selama empat bulan DPRD Sulsel hanya diisi 83 legislator. Sebab pada pelantikan di bulan September 2019, dua legislator urung masuk daftar.


“Hari ini anggota DPRD Sulsel sudah lengkap. Tentu kami berharap kinerja DPRD Sulsel semakin baik. Hubungan antara legislatif dan eksekutif bisa kita jaga bersama,” kata Gubernur.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya