Pekan Depan, Golkar Survei Peluang Kandidat Kepala Daerah se-Sulsel

Hasil survei dipertimbangkan untuk mendukung bakal calon

Makassar, IDN Times - Partai Golkar, pekan depan, menggelar survei untuk mengukur peluang bakal calon kepala daerah di 12 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan. Yang menjadi objek survei ialah para kandidat yang mengikuti penjaringan di partai berlambang beringin.

Ketua Tim Penjaringan Golkar Sulsel Kadir Halid mengatakan, survei digelar untuk internal partai. Artinya, hasil survei tidak akan dipublikasikan.

"Survei dilakukan antara tanggal 6 sampai dengan 10 Januari," kata Kadir di Makassar, Kamis (2/1).

1. Sepuluh lembaga riset disiapkan

Pekan Depan, Golkar Survei Peluang Kandidat Kepala Daerah se-SulselIDN Times/Aan Pranata

Kadir mengatakan, Partai Golkar menggelar survei bekerja sama dengan lembaga riset maupun konsultan politik. Ada sepuluh lembaga yang siap dikerahkan, namun tidak disebutkan namanya.

Dari sepuluh lembaga, tidak semua akan turun. Lembaga yang ditunjuk, dan jumlahnya, baru akan dibicarakan di internal partai.

Baca Juga: Empat Bakal Calon Bupati di Sulsel Hampir Pasti Kendarai Golkar

2. Hasil survei jadi bahan pertimbangan bagi DPP Golkar

Pekan Depan, Golkar Survei Peluang Kandidat Kepala Daerah se-SulselUji kompetensi kandidat kepala daerah di Golkar Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Survei digelar untuk mengukur sejumlah indikator peluang kandidat mengikuti pilkada. Di antaranya soal popularitas, tingkat keterpilihan atau elektabilitas, serta keberterimaan atau akseptabilitas.

Hasil survei jadi rujukan bagi Golkar untuk menentukan calon yang didukung di setiap pilkada. Laporannya bakal diteruskan kepada dewan pimpinan pusat (DPP), yang jadi penentu akhir penjaringan kandidat.

"Kemungkinan, pada minggu pertama Februari sudah ada keputusan DPP soal kandidat yang direkomendasikan," ucap Kadir Halid.

Baca Juga: Golkar Sulsel Bentuk Tim 9 untuk Hadapi Pilkada 2020, Ini Tugasnya

3. Penjaringan kandidat digelar dalam sejumlah tahapan

Pekan Depan, Golkar Survei Peluang Kandidat Kepala Daerah se-SulselIlustrasi surat suara pilkada. IDN Times/Sukma Shakti

Kandidat kepala daerah yang ikut penjaringan di Partai Golkar wajib mengikuti sejumlah tahap seleksi. Di antaranya tes wawancara dan uji kompetensi yang digelar oleh DPD tingkat provinsi.

Sebelumnya, Tim 9 pada penjaringan kandidat Golkar menguji 43 orang pendaftar dari 12 daerah. Saat itu para kandidat diuji dengan menggandeng tim pakar dari perguruan tinggi.

Baca Juga: Jaring Kandidat Kepala Daerah, Golkar Sulsel Tanya Kemampuan Finansial

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya