Comscore Tracker

MIWF Masuk Nominasi LBF International Excellence Awards 2019

MIWF bersaing dengan Ukraina dan Belanda

Makassar, IDN Times - Festival sastra yang rutin digelar Rumata’ Artspace, Makassar International Writers Festival (MIWF), masuk nominasi penghargaan pada International Excellence Awards 2019. Ajang tersebut merupakan perayaan akbar penerbitan dan literasi yang digelar London Book Fair (LBF) di Inggris.  

LBF International Excellence Awards 2019 yang diselenggarakan bersama Asosiasi Penerbit Inggris (PA), mengumumkan nominasi dalam 17 kategori penghargaan. Ada 26 negara perwakilan yang bersaing, dan akan diumumkan pada acara puncak di London, Inggris, 12 Maret mendatang.

“Semua nominasi menunjukkan bakat beragam di industri penerbitan hari ini, dan saya senang sekali memberi mereka kesempatan menujukkan keberhasilannya melalui pameran buku internasional,” kata Jacks Thomas, Direktur The London Book Fair, dikutip dari laman resminya, Sabtu (16/2).

Baca Juga: Juni Ini, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Makassar-Tokyo

1. MIWF satu-satunya wakil Asia di kategori festival sastra

MIWF Masuk Nominasi LBF International Excellence Awards 2019makassarwriters.com

MIWF yang akan memasuki penyelenggaraan tahun kesembilan pada 2019, masuk nominasi International Excellence Awards untuk kategori penghargaan festival sastra. MIWF satu dari tiga nominator pada kategori tersebut. 

Dua nominasi lain, masing-masing Book Arsenal Literature Festival di Ukraina, dan International Literature Festival Utrecth di Belanda. Nominasi ini akan diumumkan pemenangnya bersama kategori lain pada malam puncak nanti.

2. Wakil Indonesia bersaing di kategori lain

MIWF Masuk Nominasi LBF International Excellence Awards 2019unsplash.com/Susan Yin

MIWF bukan satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang LBF International Excellence Awards 2019. Badan Perpustakaan dan Arsip Jawa Barat juga masuk nominasi penghargaan pada kategori inisiasi pendidikan. Lalu ada The Lontar Foundation di kategori inisiatif terjemahan sastra, serta Yuliani Liputo dari PT Mizan Pustaka untuk kategori The Rights Professional.

Penghargaan juga dibuka untuk kategori penerbit khusus pasar Indonesia. Pada kategori bacaan dewasa, ada tiga nominasi, yakni Educa Studio, Mizan, dan PT Bestari Buana Murni. Sedangkan di kategori anak dan remaja, nominasinya adalah Bentang Pustaka, Kepustakaan Populer Gramedia Publishing House, serta Noura Publishing.

“Kami bangga merayakan keberhasilan penerbitan di International Excellence Awards tahun ini. Keragaman geografis dari daftar tersebut mencerminkan kekuatan pasar penerbitan yang meningkat di seluruh dunia,” kata Kepala Eksekutif Asosiasi Penerbit Inggris (PA) Stephen Lotinga.

3. MIWF kembali digelar bulan Juni

MIWF Masuk Nominasi LBF International Excellence Awards 2019makassarwriters.com

Makassar International Writers Festival edisi kesembilan akan digelar di Benteng Fort Rotterdam Makassar, pada 26-29 Juni 2019. Sebagai salah satu tahapan, panitia telah membuka seleksi lima penulis muda berbakat dari kawasan timur Indonesia.

Penulis hasil seleksi akan menyajikan karyanya pada festival, dan tampil bersama puluhan penulis terkenal. Semua kegiatan di MIWF bisa diakses masyarakat umum secara gratis.

Baca Juga: Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di Makassar

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya