Mendag Cek Pasar Makassar Jelang Natal, Harga Masih Stabil

Pedagang curhat soal sarana pasar

Makassar, IDN Times - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/11). Salah satu agendanya memantau ketersediaan harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Mendag memilih Pasar Pa’baeng-baeng di Jalan Sultan Alauddin, Tamalate sebagai lokasi tujuan. Dia menyebut pemantauan sebagai langkah awal melihat stabilitas dan harga pangan, jelang Natal dan tahun baru.

“Kenapa di sini, kita pilih Makassar, karena ‘hub’ Indonesia bagian Timur. Jadi ini awal untuk melihat, bukan hanya di sini, nanti di pasar lain juga,” kata Menteri Agus di Makassar, Rabu (20/11).

Baca Juga: Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker Makassar

1. Harga disebut masih relatif stabil

Mendag Cek Pasar Makassar Jelang Natal, Harga Masih StabilIDN Times/Aan Pranata

Di Pasar Pa’baeng-baeng, Mendag Agus menanyai para pedagang  soal ketersediaan dan harga barang pokok. Dari pantauannya, dia menilai harga-harga masih relatif stabil. 

Agus melihat kondisi pasar agar mengetahui situasi secara nyata. Selain itu, pihaknya juga telah memasang alat pemantau atau monitor di pasar-pasar secara nasional untuk mengetahui gambaran harga-harga secara berkala. Pemantauan untuk mengantisipasi harga barang pokok melewati harga eceran tertinggi (HET).

“Ini kan menjelang Natal dan tahun baru, jadi kita harus lihat kondisi pasar sekarang. Sehingga nanti kalau ada sesuatu, bisa langsung kita atasi. Jika ada harga yang lewat dari itu, maka kita langsung lakukan operasi pasar,”ucapnya.

2. Harga telur naik karena momen Maulid

Mendag Cek Pasar Makassar Jelang Natal, Harga Masih StabilMenteri Perdagangan Agus Suparmanto memantau pasar tradisional di Makassar, Rabu (20/11). IDN Times/Aan Pranata

Sesuai pernyataan Mendag, harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar masih normal. Beras kelas premium, misalnya Rp12 ribu per kilogram. Minyak goreng berkisar Rp12 ribu per liter, dan gula pasir Rp12 ribu per kilogram. 

Harga ayam potong terpantau seharga Rp48 ribu per ekor dengan berat rata-rata 2,85 kilogram (kg). Harga bawang merah Rp25 ribu per kg, bawang putih Rp26 ribu per kg, cabai merah Rp20 ribu per kg. Sedangkan harga daging sapi antara Rp100 ribu hingga Rp120 ribu per kg.

Harga telur ayam negeri sedikit naik dibandingkan biasanya. Saat ini, telur rata-rata dijual Rp42 ribu per rak, dengan isi 30 butir. Sedangkan per butirnya Rp1.400.

"Harganya naik karena maulid. Sebelumnya hanya Rp38 ribu per rak," ungkap Diswan, salah seorang pedagang telur.

3. Pedagang sempat curhat seputar sarana dan prasarana

Mendag Cek Pasar Makassar Jelang Natal, Harga Masih StabilIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tak sekadar memantau harga, kunjungan Menteri Agus ke pasar sekaligus untuk mendengarkan cerita dari para pedagang. Dia ingin mengetahui kondisi pasar tradisional sesungguhnya, demi menjaga kepuasan pedagang. 

Agus mengatakan, pedagang yang dia temui tidak menyampaikan keluhan. Pedagang rata-rata hanya menyampaikan masukan. Salah satunya tentang kualitas sarana dan prasarana yang hendaknya ditingkatkan.

“Pedagang ini mengharapkan suplai baik, tidak terganggu, tidak terlalu banyak dijatah. Ini akan jadi masukan, kita lihat kalau perlu upgrade pasar,” kata Agus.

Baca Juga: Soal Penelitian, 10 Universitas Ini Terbaik di Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya