Comscore Tracker

Komunitas Nelayan Takalar Jaring Dukungan Kandidat Capres

Diharapkan presiden mendatang peduli nasib nelayan

Makassar, IDN Times - Komunitas Nelayan Pesisir KabupatenTakalar menggalang dukungan bagi kandidat calon presiden Ganjar Pranowo. Konsolidasi digelar di Desa Lakatong, Kecamatan Mangarabombang, Jumat (30/9/2022).

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Fikar Gie mengatakan, konsolidasi kelompok relawan itu menyasar masyarakat nelayan dan ibu rumah tangga di wilayah pesisir. Pihaknya ingin meyakinkan bahwa Ganjar berkomitmen memberikan rasa aman dan sejahtera bagi nelayan.

“Hari ini kita kembali melakukan deklarasi untuk mendukung Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Nelayan di pesisir Kabupaten Takalar yakin bahwa Bapak Ganjar adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan,” kata Gikar Gie lewat siaran persnya, Jumat.

Baca Juga: Relawan Nelayan Ganjar Perluas Jaringan di Sulsel

1. Ungkap berbagai program Ganjar untuk nelayan

Komunitas Nelayan Takalar Jaring Dukungan Kandidat CapresGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Fikar mengatakan, komitmen Ganjar sudah dibuktikan lewat sejumlah program dan aksi nyata selama menjabat Gubernur Jawa Tengah. Di provinsi itu, Ganjar disebut menginisiasi program asuransi nelayan yang telah menjangkau 151 ribu orang. Ada juga program kartu nelayan yang memudahkan nelayan mendapatkan layanan BBM bersubsidi.

“Beliau langsung turun memperbaiki sistem pendataan surat rekomendasi nelayan supaya mengatasi kelangkaan solar dan distribusi solar ke nelayan lebih tepat sasaran,” kata Fikar.

2. Berharap program nelayan diperluas secara nasional

Komunitas Nelayan Takalar Jaring Dukungan Kandidat CapresIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Fikar mengungkapkan, saat terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi baru-baru ini, Ganjar melalui Pemprov Jateng menggelontorkan bantuan Rp60 miliar kepada masyarakat terdampak. Bantuan itu termasuk untuk kelompok nelayan.

Fikar berharap kepedulian seperti itu dapat diperluas hingga ke seluruh wilayah di Indonesia jika Ganjar menjadi Presiden periode 2024-2029. Pihaknya berkomitmen terus menjaring dukungan agar itu bisa terwujud.

“Kami begitu menginginkan kepedulian-kepedulian tersebut secara nyata dengan Pak Ganjar sebagai Presiden di Indonesia. Untuk itu, sosok Pak Ganjar akan terus kami sosialisasikan ke seluruh nelayan yang ada di Sulawesi,” kata Fikar.

3. Deklarasi dan edukasi keselamatan nelayan

Komunitas Nelayan Takalar Jaring Dukungan Kandidat CapresIlustrasi nelayan melaut. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel berkeliling Sulsel menggalang dukungan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir. Deklarasi antara lain sudah digelar di Makassar, Maros, Gowa, Jeneponto, Barru, dan Pangkep.

Selain deklarasi, Komunitas Nelayan Pesisir di Kabupaten Takalar juga mengedukasi puluhan nelayan melalui pelatihan bertajuk “Pelatihan Safety dalam Melaut". Edukasi tersebut meliputi penjelasan pentingnya memiliki pelampung di kapal. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir kecelakaan kerja saat melaut.

Baca Juga: Survei: Millennial dan Gen Z Pilih Ganjar sebagai Presiden di 2024

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya