Comscore Tracker

Jelang Pelantikan, PDIP Pecat Legislator Sulsel Terpilih

Legislator DPRD Sulsel terpilih dilantik 24 September 2019

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan memecat kadernya bernama Novianus YL Patanduk. Novianus merupakan Anggota DPRD Sulsel terpilih periode 2019-2024 yang dijadwalkan pelantikannya pada 24 September 2019.

Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Sulsel Ansari Mangkona mengatakan pemecatan diputuskan setelah partainya menggelar proses pemeriksaan internal. Novianus dianggap melakukan pelanggaran berat. Pemecatan juga sudah dilaporkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Yang jelas dia punya kesalahan. Kalau detailnya tidak usahlah, karena saya rasa tidak penting. Karena persoalan internal partai," kata Ansari di Makassar, Rabu (18/9).

1. PDIP usulkan penggantian lewat KPU

Jelang Pelantikan, PDIP Pecat Legislator Sulsel TerpilihInstagram/parasahabatnp

Novianus YL Patanduk terpilih sebagai Anggota DPRD Sulsel lewat daerah pemilihan Makassar B. Pada Pemilihan Umum 2019, dia mengumpulkan 4.305 suara.

Sejalan dengan pemecatan, PDIP pun mengusulkan penggantian Novianus di DPRD. Surat usulan sudah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel sejak Senin (16/9). Usulan itu akan diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri lewat Gubernur Sulsel.

Dalam suratnya, PDIP mengusulkan Wakil Sekretaris PDIP Sulsel Risfayanti Muin sebagai pengganti. Dia merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah Novianus.

"Kita minta di KPU untuk diganti, karena dari partai sudah memecat dia. Untuk selanjutnya bisa ditanyakan ke KPU," ucap Ansari.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Sulsel Urung Kirim Laporan Angket ke Mahkamah Agung  

Baca Juga: Apa Kabar Rekomendasi Angket? Ini Kata Ketua DPRD Sulsel 

2. KPU tidak bisa langsung mengganti legislator terpilih

Jelang Pelantikan, PDIP Pecat Legislator Sulsel TerpilihIDN Times / Aan Pranata

Hingga berita dihimpun, belum ada keterangan Novianus soal pemecatan dirinya sebagai kader PDIP. Nomor teleponnya juga tidak bisa dihubungi.

Di sisi lain, KPU Sulsel sudah menyerahkan usulan surat keputusan (SK) pelantikan Anggota DPRD Sulsel kepada Kemendagri melalui Gubernur. Mengenai usulan penggantian dari partai pengusung, KPU masih akan mempelajari. Komisioner segera rapat untuk membahas hal itu, dengan merujuk aturan yang berlaku.

"Permohonan sudah diterima dan akan kita pelajari dulu. Kita lihat dulu substansi suratnya," kata Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya.

3. Masih terbuka kemungkinan Novianus tetap dilantik

Jelang Pelantikan, PDIP Pecat Legislator Sulsel TerpilihIDN Times/Aan Pranata

Sebanyak 85 legislator DPRD Sulsel terpilih akan dilantik pada 24 September mendatang. Sejauh ini Novianus tetap masuk dalam usulan SK daftar legislator yang dilantik.

Sepekan sebelum pelantikan, KPU Sulsel belum bisa memastikan apakah Novianus akan diganti atau tetap masuk dalam daftar. Sekali lagi, Asram menyatakan pihaknya masih butuh mempelajari substansi surat usulan dari PDIP sebagai partai yang diwakili.

"Tidak bisa serta-merta. Kita pelajari dulu, nanti dilihat aturannya seperti apa. Kalau memang belum ada kejelasan, akan kita konsultasikan ke KPU RI," Asram menerangkan.

Baca Juga: KPU Sulsel Minta Bantuan Makan dan Minum ke Pemprov

Baca Juga: KPU Sulsel Distribusikan Logistik Pemilu ke Daerah Kepulauan

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You