Comscore Tracker

Jelang Lebaran, Tiket Kapal ke Jakarta dan Surabaya Habis Terjual

Pelni tunggu ketersediaan kursi jelang keberangkatan kapal

Makassar, IDN Times - Tiket kapal penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dari Makassar, Sulawesi Selatan, ke berbagai rute tujuan mulai habis terjual. Bahkan untuk tujuan Jakarta dan Surabaya, saat ini tiket sudah tidak tersedia.

Manajer Administrasi PT Pelni Cabang Makassar Oscar mengatakan, tiket menuju Jakarta dan Surabaya tidak lagi tersedia untuk keberangkatan hingga 31 Mei, atau H-5 lebaran Idul Fitri tahun 2019. Calon penumpang telah membeli seluruh tiket tersedia sejak jauh hari, bahkan sebelum Ramadan.

“Untuk rute tertentu memang sudah tidak tersedia. Kita sementara menunggu dispensasi dari Kemenhub seperti apa,” kata Oscar melalui telepon, Rabu (22/5).

Baca Juga: Pelni Imbau Pemudik Beli Tiket Kapal Laut Lebih Awal  

1. Calon penumpang masih punya peluang

Jelang Lebaran, Tiket Kapal ke Jakarta dan Surabaya Habis TerjualIDN Times/M.Idris

Meski tiket kapal untuk rute tertentu sudah habis terjual, calon penumpang Pelni masih punya harapan. Oscar mengatakan, pihaknya akan menunggu kapasitas kursi di kapal jelang keberangkatan. Jika masih tersedia, maka akan dibuka kembali penjualan.

Kapasitas kursi tersedia kan terlihat saat armada kapal Pelni berangkat dari pelabuhan awal sebelum berlabuh di Makassar. Misalnya pada rute Makassar Surabaya, kapal akan lebih dulu mengangkut penumpang di daerah lain.

“Sebenarnya bukan habis, tapi tidak tersedia. Nanti kita lihat, menyesuaikan seat di kapal setelah meninggalkan pelabuhan terakhir sebelum ke Makassar,” ucapnya.

2. Pelni jamin tidak ada kenaikan harga tiket

Jelang Lebaran, Tiket Kapal ke Jakarta dan Surabaya Habis TerjualIDN Times / Aan Pranata

Pada masa mudik Lebaran 2019, PT Pelni Cabang Makassar menyiapkan armada kapal untuk berbagai rute. Armada tersebut berlayar menuju kawasan barat, timur, tengah, dan utara.

Pelni tidak menyediakan penambahan rute dibandingkan hari normal. Namun untuk rute yang berpotensi terjadi arus mudik besar, armadanya ditambah. Misalnya tiga daerah tujuan yang selalu padat setiap tahun, yakni Bima, Surabaya, dan Bau-bau.

“Sejauh ini terjadi peningkatan penumpang sekitar 5-8 persen dibandingkan momen yang sama tahun lalu. Dan tidak ada peningkatan harga tiket,” kata Oscar.

3. Trafik penumpang Pelni di Makassar lampaui nasional

Jelang Lebaran, Tiket Kapal ke Jakarta dan Surabaya Habis TerjualPelindo IV

Menurut data Pelni, terjadi kenaikan jumlah penumpang secara nasional pada Januari-April 2019 yang mencapai 38 persen. Dari jumlah 825.255 menjadi 1.172.143 orang.

Adapun jumlah penumpang pada cabang Makassar, pada periode yang sama naik dari 72.411 menjadi 116.700 orang. Angka itu mencapai 61 persen, melampaui trafik nasional dan kota besar lain di Indonesia.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Pelni di Makassar Naik Drastis

4. Mudik dengan pesawat tidak ekonomis

Jelang Lebaran, Tiket Kapal ke Jakarta dan Surabaya Habis TerjualAntara Foto/Eric Ireng

Sebelumnya diberitakan, Henny, calon penumpang rute Makassar-Surabaya, sengaja memilih moda transportasi laut untuk mudik Lebaran tahun ini. Sebab harga tiket pesawat dianggap terlalu mahal. Tahun lalu, tiket pesawat rute Makassar-Surababaya harganya sekitar Rp700 ribu. Saat ini naik menjadi Rp1,4 juta lebih.

Henny berencana mudik bersama dua orang lain. Jika menggunakan pesawat pulang pergi, ongkosnya mencapai Rp10 juta. Sedangkan dengan kapal laut, setengahnya pun tidak sampai.

“Makanya saya beli tiket kapal laut lebih awal, takutnya kalau sudah mepet, kehabisan,” kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You