Comscore Tracker

Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! 

Kemenag baru akan menggelar isbat penentuan awal Ramadan

Makassar, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menentukan awal Ramadan 1440 Hijriah tahun 2019, melalui Sidang Isbat pada Minggu (5/5). Sidang tersebut digelar berdasarkan laporan hasil rukyatul hilal dari berbagai lokasi pemantauan.

Meski belum pasti kapan awal Ramadan versi Pemerintah, sudah ada organisasi masyarakat Islam yang sudah lebih dulu menetapkan. Salah satunya Muhammadiyah. Pimpinan Pusat MUhammadiyah menetapkan 1 Ramadah 1440 H bertepatan dengan hari Minggu, 5 Mei 2019. 

“Dengan ini mengumumkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1440 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudal hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” bunyi maklumat PP Muhammadiyah yang diteken Ketua Umum Haedar Nashir, tertanggal 16 Maret 2019.

1. Muhammadiyah telah menetapkan hari lebaran Idul Fitri dan Idul Adha

Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! IDN Times/Axel Jo Harianja

Selain awal Ramadan, PP Muhammadiyah melalui maklumat yang sama juga telah menetapkan hasil hisab tanggal penting pada penanggalan Hijriah. Di antaranya, lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Selanjutnya, 1 Zulhijjah 1440 H jatuh pada 2 Agustus 2019. Sehingga Idul Adha dinyatakan bertepatan dengan Minggu, 11 Agustus 2019.

2. BMKG Makassar pantau hilal di Barru

Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! Kemenag.go.id

Sebelum Kemenag menetapkan awal Ramadan, akan dilakukan pengamatan hilal atau bulan baru di sejumlah titik di Indonesia. Untuk Sulsel, Kemenag bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar akan memantau hilal di Pantai Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Minggu petang (5/5).

Petugas BMKG Wilayah IV Kaharuddin mengatakan, berdasarkan perhitungan, pada Minggu nanti hilal sudah di atas ufuk sesaat setelah matahari terbenam. Pengamatan akan disiarkan secara langsung melalui situs media.bmkg.go.id/hilal.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Pelni di Makassar Naik Drastis

3. Waktu Imsak di Makassar rata-rata pukul 4.33 Wita

Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! alhaqeeqa.org

Hingga kini belum keluar jadwal Imsakiyah atau waktu ibadah puasa versi Kementerian Agama. Namun menurut hisab PP Muhammadiyah, rata-rata waktu Imsak atau mulai menahan puasa di wilayah Makassar pukul 4.33 Wita. Sedangkan waktu berbuka atau salat Magrib rata-rata di pukul 17.59 Wita.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mempelajari jadwal imsakiyah yang diterbitkan Muhammadiyah di bawah ini:

Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! http://www.muhammadiyah.or.id

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya