Hujan Lebat di Makassar, Sejumlah Wilayah Tergenang

Hujan lebat turun sejak Jumat malam hingga Sabtu siang

Makassar, IDN Times – Hujan lebat mengguyur Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan sekitarnya, sejak Jumat malam 18 Desember 2020. Hujan yang terus turun hingga Sabtu (19/12/2020) siang menyebabkan sejumlah titik di dalam kota digenangi air.

Genangan dilaporkan di beberapa daerah langganan banjir. Salah satunya di sekitar kompleks Kodam 3, Jalan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya. Banjir akibat hujan membuat akses jalan raya sulit dilalui kendaraan. Ketinggian air mencapai sebatas lutut orang dewasa dan sudah masuk ke sejumlah rumah.

“Pengguna Jalan Paccerakkang, untuk mencari jalan alternatif, khususnya yang menggunakan sepeda motor atau mobil sedan dengan body ceper...karena kondisinya agak dalam,” kata seorang warga setempat dalam rekaman video kondisi di lokasi yang dibagikan di WhatsApp, Sabtu.

Baca Juga: Musim Hujan, Warga Makassar Diingatkan Bahaya Pohon Tumbang

1. Air mulai menggenangi pemukiman warga

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terus turun di Makassar dan sekitarnya selama beberapa hari terakhir. Sejumlah pengguna media sosial melaporkan bahwa lokasi di sekitar rumahnya sudah tergenang. Selain meluap dari saluran drainase ke jalan, air juga mulai masuk ke dalam rumah.

Seperti beberapa yang diunggah akun Instagram @info_kejadian_makassar. Mengunggah ulang kiriman dari pengikut, akun itu menampilkan situasi banjir di sejumlah titik kota. Salah satunya di kawasan Sudiang, Biringkanaya.

“Banjir di perum. Citra sudiang indah Makassar, Sabtu siang, 19 Desember 2020,” tulis akun tersebut.

Akun @makassar_iinfo turut membagikan video di sekitar lokasi itu yang menggambarkan ketinggian genangan.

“Banjir terjadi di Sudiang sudah sampai lutut orang dewasa 19/12,” tulis akun itu meneruskan kiriman @tanisia_asrill.

2. BMKG peringatkan potensi hujan lebat hingga Minggu

Hujan Lebat di Makassar, Sejumlah Wilayah TergenangIlustrasi Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, beberapa hari ke depan.

Beberapa hari belakangan ini hujan melanda Makassar, yang berdampak genangan pada sejumlah daerah rawan banjir. Kondisi serupa diperkirakan masih akan terjadi, setidaknya tiga hari ke depan.

“Tiga hari ke depan, masih berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulsel, khsusunya wilayah pesisir barat Sulsel,” kata prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Asriani Idrus kepada IDN Times, Jumat (18/12/2020).

Selain Makassar, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, dan sebagian wilayah Sinjai dan Bulukumba.

3. Masyarakat diimbau melaporkan jika terjadi banjir

Hujan Lebat di Makassar, Sejumlah Wilayah TergenangIlustrasi banjir. ANTARA FOTO/Jojon

 

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengingatkan masyarakat agar mewaspadai berbagai potensi kerawanan di musim hujan. Salah satunya banjir.

Kepala BPBD Makassar Muhammad Rusli mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Irigasi di semua kecamatan berupaya meminimalisir potensi banjir. Satgas itu bertugas membersihkan saluran pembuangan dari sampah yang menumpuk, terutama saat hujan.

Rusli mengatakan, BPBD terus memantau laporan dan informasi terkait kawasan yang terdampak banjir. Rusli mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan segera melapor apabila di kawasan tempat tinggalnya terdampak bencana.

"Minimal bisa di petugas kelurahan, kecamatan dan disampaikan ke kami," katanya.

Baca Juga: Musim Hujan, Waspadai Ular Kobra Masuk Rumah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya