Hari Ketiga, Penumpang KM Tidar yang Hilang di Laut Belum Ditemukan

Basarnas memperluas area pencarian

Makassar, IDN Times - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) masih melanjutkan pencarian Petrus Sanggola, penumpang KM Tidar yang dilaporkan hilang di perairan Takalar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/12). Pencarian memasuki hari ketiga pada Minggu (29/12), namun pria berusia 29 tahun itu belum ditemukan.

"Belum, masih proses pencarian," kata Humas Basarnas Makassar Hamsidar, saat dihubungi IDN Times di Makassar, Minggu (29/12).

1. Area pencarian diperluas

Hari Ketiga, Penumpang KM Tidar yang Hilang di Laut Belum DitemukanIlustrasi petugas Basarnas (IDN Times/Saifullah)

Basarnas Makassar mengerahkan dua regu personelnya untuk mencari korban di perairan Takalar. Satu tim menyisir laut dengan KN Antasena, sedangkan tim lain berpatroli di sekitar pantai menggunakan perahu karet

Area pencarian berada di kawasan pesisir Galesong. Dibanding hari sebelumnya, pada Minggu lokasi pencarian diperluas ke selatan di sekitar perairan Pulau Sanrobengi.

2. Anggota tim pencari bertambah

Hari Ketiga, Penumpang KM Tidar yang Hilang di Laut Belum DitemukanHumas Basarnas Makassar

Hamsidar mengatakan, operasi pencarian Basarnas Makassar dibantu tambahan personel dari luar. Unsur yang terlibat antara lain anggota Koramil Galesong, Pos TNI Angkatan Laut Galesong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan lain-lain.

"Ada juga yang terlibat unsur dari kampus, seperti SAR UNM dan SAR Unhas. Pencarian dilanjutkan hingga sore hari," ucap Hamsidar.

Baca Juga: Jatuh dari Kapal, Wanita Muda Hilang di Laut Bone  

3. Penumpang KM Tidar hilang dalam perjalanan dari Bau-bau menuju Makassar

Hari Ketiga, Penumpang KM Tidar yang Hilang di Laut Belum DitemukanIDN Times / Aan Pranata

Petrus dilaporkan hilang di sekitar perairan Galesong, Takalar, Kamis (26/12) petang. Dia diduga terjatuh dari kapal dalam pelayaran rute Bau-bau, Sulawesi Tenggara, menuju Makassar, Sulsel.

Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar menerima laporan soal kejadian itu pada Jumat (27/12). Sejak itu pencarian pun dimulai.

"Seorang penumpang dilaporkan mengalami kecelakaan terjatuh dari kapal, sebelum merapat ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Sesuai laporan, tim dari Basarnas Makassar langsung diterjunkan ke lokasi diduga terjatuhnya korban," kata Basri, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Jumat (27/12).

Baca Juga: Basarnas Makassar Cari Penumpang KM Tidar yang Terjatuh di Laut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya