Habibie Wafat, Warga Sulsel Diminta Naikkan Bendera Setengah Tiang

Gubernur kenang pesan almarhum tentang kepemimpinan

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta pemerintah dan masyarakat di daerahnya untuk menaikkan bendera Merah Putih setengah tiang. Itu sebagai tanda berkabung dan penghormatan kepada Presiden Republik Indonesia ke-3 almarhum BJ Habibie.

Habibie meninggal di Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun. Gubernur Sulsel telah berangkat ke Jakarta untuk melayat dan mengikuti prosesi pemakaman almarhum.

"Kita berharap, atas meninggalnya Presiden Ketiga Republik Indonesia, ini wujud duka cita kita, dengan menaikkan bendera setengah tiang. Mudah-mudahan ini menjadi imbauan dari seluruh pemerintahan yang ada di Indonesia," kata Gubernur lewat keterangan pers yang diterima Kamis (12/9) pagi.

Baca Juga: Takziah ke Rumah Duka Habibie, Prabowo Sampaikan Belasungkawa

1. Pengibaran bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut

Habibie Wafat, Warga Sulsel Diminta Naikkan Bendera Setengah TiangIDN Times/Istimewa

Gubernur Nurdin mengimbau warga Sulsel untuk mengibarkan bendera setengah tiang, setidaknya tiga hari berturut-turut. Dimulai sejak Kamis (12/9) hingga Sabtu (14/9).

Imbauan tersebut senada dengan permintaan Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Rabu (11/9). Mensesneg mengarahkan kepada gubernur, bupati dan wali kota, menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Atas jasa-jasanya semasa hidup, menurut Nurdin, Habibie layak mendapatkan penghormatan dari seluruh bangsa Indonesia terutama warga Sulsel. "Beliau putra terbaik Parepare dan menjadi kebanggaan Sulsel," ujarnya.

2. Kiprah Habibie diharapkan jadi inspirasi

Habibie Wafat, Warga Sulsel Diminta Naikkan Bendera Setengah TiangInstagram.com/ BJ Habibie

Gubernur Nurdin menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Habibe. Kepergian Bapak Demokrasi berarti satu lagi putra terbaik bangsa berpulang.

Nurdin menyebut kehilangan tidak hanya dirasakan bangsa Indonesia, melainkan juga dunia internasional. Sebab Habibie dikenal sebagai orang berjasa di bidang teknologi, terutama pada dunia penerbangan. Nurdin berharap kiprah Habibie semasa hidup dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus.

"Beliau adalah salah satu tokoh yang mengangkat nama besar bangsa Indonesia di kancah dunia internasional. Mudah-mudahan kita semua bisa melanjutkan cita-cita beliau, perjuangan beliau. Dan tentu beliau kami berdoa mendoakan semoga Khusnul Khatimah diberikan tempat yang layak di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kuburannya, dijadikan taman-taman surga," ucap Nurdin.

3. Nurdin teringat pesan agar menjaga amanah rakyat

Habibie Wafat, Warga Sulsel Diminta Naikkan Bendera Setengah TiangIDN Times/Istimewa

Nurdin Abdullah mengenang sejumlah pertemuan berkesan dengan Habibie semasa hidup. Saat itu, Habibie disebut menyampaikan sejumlah pesan.

Salah satu pertemuan terjadi pada program televisi Mata Najwa beberapa tahun lalu. Saat itu Nurdin masih menjabat Bupati Bantaeng. Dia mengenang, Habibie memintanya menjaga amanah rakyat karena tidak menutup kemungkinan akan menjadi Gubernur Sulsel.

"Beliau menyampaikan bahwa amanah yang diberikan oleh rakyat jangan disia-siakan, bekerja sungguh-sungguh dan hasilnya tentunya akan dinilai oleh rakyat," kata Nurdin.

"Dan alhamdulillah jadi apa yang menjadi wejangan beliau, ya alhamdulillah terwujud pada hari ini," dia melanjutkan.

Baca Juga: Habibie Sempat Sedih Karena Rencana Pesawatnya Belum Terwujud

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya