Gelombang Kedua Embarkasi Haji Makassar Diterbangkan ke Tanah Suci

Jemaah langsung mengenakan pakaian ihram saat berangkat

Makassar, IDN Times - Kelompok terbang 21 Embarkasi Haji Makassar terbang ke Makkah, Arab Saudi, Kamis pagi (8/6/2023). Penerbangan kloter 21 menandai pemberangkatan gelombang kedua jemaah haji.

Menurut laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, lantunan talbiyah dan doa mengiringi pelepasan dan pemberangkatan jemaah haji kloter 21. Mereka meninggalkan Asrama Haji Makassar menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin usai satu persatu menerima paspor dari Imigrasi.

Baca Juga: Satu Anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar Meninggal di Saudi

1. Kloter 21 berisi jemaah asal empat daerah

Gelombang Kedua Embarkasi Haji Makassar Diterbangkan ke Tanah SuciPelepasan jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar. (Dok. PPIH Embarkasi Makassar)

Kloter 21 berisi 393 orang, termasuk lima petugas kloter. Kloter ini terdiri dari jemaah asal empat daerah di Sulawesi Selatan, yaitu 185 dari Enrekang, 110 asal Palopo, 67 dari Wajo, dan 26 asal Makassar.

Kloter 21 diterbangkan dari Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia pukul 7.30 Wita. Mereka diperkirakan sampai di Bandara Internasional King Abdul Aziz Kota Jeddah, Saudi, pukul 15.20 waktu setempat.

Kloter 21 ini berisi banyak lansia. Yang tertua berusia 103 tahun, yaitu Waru Binti Bandu asal Wajo. Selain itu, 13 orang lansia dilayani dengan kursi roda.

2. Jemaah haji langsung mengenakan ihram sejak di Makassar

Gelombang Kedua Embarkasi Haji Makassar Diterbangkan ke Tanah SuciJemaah haji yang diberangkatkan pada gelombang kedua langsung mengenakan pakaian ihram karena langsung menuju Jeddah lalu ke Makkah, Arab Saudi. (Dok. PPIH Embarkasi Makassar)

Jemaah haji kloter 21 diberangkatkan ke Tanah Suci usai mengikuti sejumlah agenda di Asrama Haji Makassar selama satu hari. Karena masuk gelombang kedua, jemaah haji langsung mengenakan pakaian ihram sejak dari Makassar. Itu karena mereka akan tiba di Jeddah, yang kemudian dibawa lewat jalur darat ke Makkah yang ditempuh satu jam perjalanan.

Sebelumnya, di gelombang pertama, semua jemaah haji diberangkatkan ke Madinah. Saat itu jemaah mengenakan pakaian umum.

3. Sudah 7.842 orang terbang dari Embarkasi Makassar

Gelombang Kedua Embarkasi Haji Makassar Diterbangkan ke Tanah SuciJemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kloter I dijadwalkan terbang ke Arab Saudi, Rabu dini hari (24/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Berdasarkan rekapitulasi Data PPIH Embarkasi Makassar, pada gelombang pertama tercatat jumlah jemaah haji yang sudah berada di Tanah Suci sebanyak 7.842 orang. Terdiri dari pria 2977 orang dan wanita 4865.

Jemaah yang sudah masuk di Asrama haji Makassar tapi statusnya tunda berangkat masih tersisa 8 orang. Penyebabnya beragam, mulai dari hamil, vaksinasi COVID-19 belum lengkap, atau masih menjalani perawatan oleh pihak kesehatan.

Baca Juga: Mulai Kloter 21, Jemaah Haji Embarkasi Makassar Terbang Pakai Ihram

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya