Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis di Bulan Mei

Bisa lewat situs resmi PLN atau akses nomor WhatsApp

Makassar, IDN Times – Sejak April lalu, PLN menjalankan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Selain itu PLN memberikan diskon 50 persen bagi 7 juta pelanggan dengan daya 900 VA.

PLN memberikan keringanan bagi pelanggan untuk meringankan beban mereka akibat pandemik COVID-19. Kebijakan ini berlaku selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Harapan kami, ini bisa  meringankan ekonomi untuk masyarakat ditengah menghadapi pandemi virus covid-19,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, pada siaran pers, April lalu.

Bagi pelanggan pascabayar, mereka akan langsung dikenakan pembebasan dan diskon pada setiap periode pembayaran. Sedangkan pelanggan prabayar diberikan token gratis yang nilainya setara pemakaian bulanan tertinggi, dalam tiga bulan terakhir.

Lalu bagaimana cara mendapatkan token gratis PLN untuk bulan Mei bagi pelanggan listrik prabayar? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: PLN Mulai Bagikan Token Listrik Gratis, Bisa via WhatsApp

1. Pelanggan pascabayar langsung dibebaskan tagihannya

Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis di Bulan MeiIlustrasi pengecekan listrik oleh pegawai PT PLN (suara.com)

PLN sudah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program keringanan tagihan listrik selama tiga bulan. Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar langsung dibebaskan tagihannya setiap bulan.

Begitu pula dengan pelanggan rumah tangga 900 VA pascabayar. Mereka langsung merasakan diskon 50 persen pada rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya.

2. Dapatkan token listrik lewat situs resmi PLN

Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis di Bulan MeiIlustrasi Meteran Listrik. IDN TImes/Hana Adi Perdana

Untuk mendapatkan token listrik, buka laman resmi PLN di alamat www.pln.co.id. Buka menu Pelanggan dan lanjut ke pilihan Stimulus COVID-19.

Berikutnya, masukkan ID pelanggan atau nomor meter. Isi kolom captcha sesuai kode yang tertera di layer. Maka token listrik gratis akan muncul.

Pelanggan tinggal memasukkan token gratis it uke meteran listrik, sesuai ID yang didaftarkan.

3. Bisa juga melalui WhatsApp

Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis di Bulan MeiIDN Times/Auriga Agustina

Untuk mendapatkan kode token listrik, kamu bisa mengakses layanan PLN di WhatsApp dengan nomor 08122-123-123. Berikut caranya:

- Buka Aplikasi WhatsApp

- Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

- Token gratis akan muncul

- Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Baca Juga: 10,7 Juta Pelanggan Sudah Tercatat Terima Token Listrik Gratis

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya