[BREAKING] Gempa Bumi Guncang Mamasa

Gempa tidak berpotensi tsunami

Makassar, IDN Times - Gempa bumi tektonik melanda Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (26/6) pukul 16.00 Wita. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi berkekuatan Magnitudo 2,8. 

Darmawan, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar menyebutkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.00 Lintang Selatan dan 119.44 Bujur Timur.

"Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 Km Tenggara Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer," kata Darmawan melalui siaran pers yang diterima IDN Times di Makassar, Rabu (26/6).

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter. Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa II MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Darmawan.

Baca Juga: BMKG: Gempa di Maluku Tenggara Barat Tidak Potensi Tsunami

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya