Comscore Tracker

Baru 411 Ribu Orang di Sulsel Terima Vaksin Lengkap COVID-19

Baru 27,33 persen dari target orang yang divaksinasi

Makassar, IDN Times - Sejak 14 Januari 2021 hingga 22 Juni 2021, baru 411.725 orang di Sulawesi Selatan yang menerima suntik vaksin COVID-19. Menurut catatan Satuan Tugas COVID-19 Sulsel, jumlah itu meliputi orang yang menerima vaksin lengkap, yakni dosis pertama dan kedua.

Berdasarkan data yang dikutip dari Antara, jumlah itu baru mencapai 27,33 persen dari total target, yakni 1,5 juta orang lebih. Mereka yang sudah menerima suntikan vaksin terdiri atas tenaga kesehatan, petugas publik, dan kelompok lansia (lanjut usia).

Baca Juga: Pembukaan Sekolah di Makassar Tergantung Situasi COVID-19

1. Vaksinasi guru digenjot seiring rencana pembukaan sekolah

Baru 411 Ribu Orang di Sulsel Terima Vaksin Lengkap COVID-19Ilustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulsel dr. Nurul mengatakan, vaksinasi di berbagai daerah terus digalakkan. Terutama bagi tenaga pendidik, di tengah rencana pemerintah membuka kembali sekolah untuk belajar tatap muka.

Satgas COVID-19 merilis tenaga pendidikan yang telah divaksin sebanyak 122.434 orang pada dosis pertama dan dosis kedua sebanyak 77.093 orang atau 48,02 persen. Dengan demikian, total penerima vaksinasi dosis pertama di Sulsel telah mencapai 38,2 persen atau 574,957 orang.

"Akan tetapi, kami tidak berhenti dan terus melakukan vaksinasi hingga semuanya," kata Nurul.

2. Kelompok rentan juga jadi perhatian

Baru 411 Ribu Orang di Sulsel Terima Vaksin Lengkap COVID-19Ilustrasi pengecekan kesehatan bagi ODGJ. (Dok. Kemensos)

Nurul menekankan, Pemprov Sulsel juga terus gencar memberikan vaksinasi bagi kelompok rentan. Di antaranya penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Saat ini daerah sedang mengatur rangka perencanaan dan jadwalnya. Mereka siap lakukan, sisa mengatur lokus-lokusnya untuk melayani," ujarnya.

3. Makassar buka vaksinasi bagi umum di puskesmas

Baru 411 Ribu Orang di Sulsel Terima Vaksin Lengkap COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Pemerintah Kota Makassar berencana membuka vaksinasi untuk masyarakat umum di 47 puskesmas, mulai 1 Juli 2021. Pembukaan layanan itu untuk mengejar capaian target vaksinasi. Sejauh ini tercatat sudah 71,1 persen dari target 240.546 orang yang sudah disuntik vaksin.

Bagi warga Makassar yang ingin mendapatkan vaksinasi, cukup datang ke puskesmas terdekat dengan membawa KTP. Vaksinasi ditujukan bagi warga di wilayah puskesmas masing-masing.

Baca Juga: Baru Sehari Zona Hijau, Muncul 130 Kasus Positif COVID-19 di Sulsel

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya