Comscore Tracker

Aruna Ekspor 14 Ton Tuna Segar dari Sulawesi ke Amerika

Hasil tangkapan nelayan di wilayah Sulawesi Tenggara

Makassar, IDN Times - Perusahaan agregator rantai pasok perikanan Aruna melepas ekspor ikan tuna segar dari wilayah Sulawesi dengan tujuan Amerika Serikat. Sejauh ini sudah tiga kali pengiriman dengan muatan teranyar sekitar 14 ton.

Kegiatan ekspor ditandai seremoni pelepasan kontainer di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/8/2022). Ekspor dilepas Elkana Lewerisa, Head of Public Policy and Government Relation Aruna bersama Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan perwakilan Astra.

“Besar harapan kami ekspor tuna ini dapat berjalan lancar, berkelanjutan dan terus meningkat... dan ini sekaligus mengindikasikan bahwa ekonomi Indonesia tengah bangkit pasca pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung," kata Elkana dalam siaran persnya, yang diteirma, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga: Perusahaan Sulsel Kembali Bisa ekspor Porang ke China

1. Komoditas ikan tuna dari Sulawesi Tenggara

Aruna Ekspor 14 Ton Tuna Segar dari Sulawesi ke AmerikaIlustrasi hasil tangkapan ikan tuna. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Elkana mengungkapkan, produk ekspor merupakan hasil kolaborasi Aruna melalui Yayasan Maritim dengan PT Astra International Tbk dalam program Desa Sejahtera Astra (DSA). Program melibatkan masyarakat di desa-desa di Sulawesi Tenggara dengan mayoritas nelayan penghasil tuna.

"Kami percaya melalui ekspor tuna ini selain dapat mempromosikan potensi laut dan nelayan Indonesia juga sebagai bukti bahwa tuna lokal asal Indonesia dapat diterima oleh masyarakat dunia," katanya.

2. Aruna bina 36 ribu nelayan

Aruna Ekspor 14 Ton Tuna Segar dari Sulawesi ke AmerikaKomoditas hasil tangkapan laut yang diekspor dari Makassar menuju Amerika Serikat, Jumat (12/8/2022). (Dok. Istimewa)

Sejauh ini Aruna hadir di 150 titik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mereka punya 36 ribu nelayan binaan. Mereka berharap bisa terus menambah titik dan nelayan binaan demi meningkatkan taraf hidup nelayan Indonesia.

“Saya harap kolaborasi ini dapat terus terjalin hingga jangka panjang dan menyasar lebih banyak lagi pelosok desa di Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang sejahtera serta semakin banyak pula hasil potensi laut Indonesia yang dikenal dunia,” kata Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

3. Gubernur apresiasi ekspor komoditas

Aruna Ekspor 14 Ton Tuna Segar dari Sulawesi ke AmerikaGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau produk ekspor menuju Amerika Serikat. (Dok. Istimewa)

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri ekspor ikan tuna yang dirangkaikan dengan dua komoditas lain, yakni rumput laut dan minyak nilam. Produk yang dilepas berasal dari Bone, Sulsel, dan dua daerah di Sulawesi Tenggara, yakni Wakatobi dan Bombana. 

Andi Sudirman mengapresiasi usaha PT. Astra Internasional yang mendukung produk unggulan desa untuk diekspor. Dia berharap produk unggulan masyarakat bisa terus mendapat penguatan dari pihak swasta.

"Setiap saat kita ingin melakukan ekspor. Karena ekspor menjadi kekuatan ekonomi kita di Indonesia. Dan Sulsel terus mengalami peningkatan ekspor komoditas rumput laut," katanya

Baca Juga: Kemenkeu Tingkatkan Kinerja Kepabeanan-Cukai Demi Dongkrak Ekspor

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya