Comscore Tracker

Anies Digadang Jadi Capres NasDem, Paloh: Urus Jakarta

NasDem baru membuka konvensi capres pada tahun 2022

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan partainya belum memutuskan akan mendukung siapa pada pemilihan presiden tahun 2024. Paloh sekaligus menampik isu bahwa NasDem telah mempersiapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Belakangan kedekatan Anies dengan NasDem ramai dibicarakan. Anies bahkan hadir dan turut menyampaikan pidato pada Kongres II Partai NasDem, November 2019 lalu. Namun Paloh menyatakan bahwa penentuan capres NasDem akan ditentukan lewat mekanisme konvensi.

"Insya Allah jalan. Memang seperti yang saya katakan, itu (konvensi capres) akhir 2022 nanti. Gak bisa sekarang," kata Surya Paloh saat berpidato di Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem se-Indonesia di Makassar, Sabtu (25/1).

Baca Juga: Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024

1. Anies dipastikan bukan satu-satunya kandidat

Anies Digadang Jadi Capres NasDem, Paloh: Urus JakartaKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh. IDN Times/Aan Pranata

Surya Paloh menyampaikan bahwa banyak figur yang berpeluang didukung NasDem di Pilpes mendatang. Namun selama ini, terjadi kesalahpahaman di masyarakat. Terbangung wacana bahwa seolah-olah sudah ada satu-satunya kandidat yang diujicoba atau disosialisasikan.

Anies, kata Paloh, hanya satu dari sekian banyak anak negeri yang punya kesempatan yang sama untuk mengendarai NasDem.

"Banyak sekali figur, barangkali. Jadi gak ada kaitannya spesifik pada Anies Baswedan. Jadi misinterpretatif," ucap Paloh.

2. Anies boleh ikut konvensi capres dengan satu syarat

Anies Digadang Jadi Capres NasDem, Paloh: Urus Jakarta(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Partai NasDem bakal membuka konvensi capres pada 2020 seluas mungkin. Anies Baswedan pun disilakan jika ingin ikut. Tapi Surya Paloh menitipkan satu syarat khusus bagi dia.

"Ya, kalau dia mau ikut konvensi bagus. Tapi syarat pertama, urus jakarta seperti yang saya bilang. Saya titip dia pesan, Jakarta memerlukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas bagus."

3. NasDem ingin jadi pemenang Pemilu 2024

Anies Digadang Jadi Capres NasDem, Paloh: Urus JakartaKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh. IDN Times/Aan Pranata

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menargetkan partainya meraih suara dan kursi terbanyak pada Pemilihan Umum tahun 2024. Pada Pemilu 2019, NasDem menduduki posisi lima besar.

Surya Paloh mengungkapkan ambisinya mengantarkan NasDem menang pemilu, saat berpidato di hadapan peserta Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus), di Hotel The Rinra Makassar, Sabtu (25/1). Rakorsus yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Selatan dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan fungsionaris DPW dari seluruh provinsi se-Indonesia.

Surya Paloh terpilih kembali sebagai ketua umum pada Kongres ke-2 Partai NasDem, November 2019 lalu. Di usia partai yang menginjak delapan tahun, Paloh mengingatkan jajaran kader agar bersiap mewujudkan obsesi besar.

"Beri kesempatan mengantarkan, agar titik puncak 2024, saya mau partai ini menorehkan sejarah sebagai partai pemenang pemilu," kata Surya Paloh disambut tepuk tangan ribuan orang peserta Rakorsus.

Baca Juga: Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya