5 Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dilantik Gubernur, Ini Daftarnya 

Mantan kepala daerah jadi caleg

Manado, IDN Times - Lima penjabat bupati dan wali kota di Sulawesi Utara resmi dilantik hari ini, Senin (25/9/2023). Mereka dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, di ruang CJ Rantung, Kantor Gubernur Sulut.

Kelimanya adalah Kepala BKD Sulut, Jemmy Kumendong, yang menjabat sebagai Pj Bupati Minahasa; Asisten II Sekretariat Pemprov Sulut, Asripan Nani, sebagai Pj Wali Kota Kotamobagu; Kepala Dinas PKD Sulut, Sirajudin Lasena, sebagai Pj Bupati Bolmut; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Ronald Sorongan, sebagai Pj Bupati Mitra; dan Kepala Bapelitbangda Sulut, Joy Oroh, sebagai Pj Bupati Kepulauan Sitaro.

Olly pun meminta para penjabat kepala daerah yang dilantik menjalankan tugasnya dengan baik dan memprioritaskan masyarakat dalam pembangunan daerah. “Amanat yang diberikan perlu dilaksanakan dengan baik dalam menghadapi tahun-tahun politik,” jelas Olly.

1. Dievaluasi tiap tiga bulan

5 Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dilantik Gubernur, Ini Daftarnya Penandatanganan pakta integritas penjabat kepala daerah di Sulawesi Utara, Senin (25/9/2023). Dok. Dinas Kominfo Sulut

Setelah dilantik, para penjabat kepala daerah tersebut harus langsung melaksanakan tugas. Jika tak ada prestasi, harus siap kehilangan jabatan.

“Ada evaluasi setiap 3-4 bulan untuk para penjabat,” tambah Olly.

Penjabat kepala daerah juga diingatkan agar tak gelap mata. "Ketika kekuasaan didapat, kadang-kadang kita hanya melihat terangnya lampu, tapi tidak melihat sisi gelap kekuasaan," katanya.

2. Jemmy Kumendong komitmen sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 di Minahasa

5 Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dilantik Gubernur, Ini Daftarnya Pengambilan sumpah jabatan penjabat kepala daerah di Sulawesi Utara, Senin (25/9/2023). Dok. Dinas Kominfo Sulut

Olly juga menegaskan agar para penjabat kepala daerah tetap menjaga netralitas di tahun politik. Di sisi lain, Jemmy Kumendong mengaku siap menyukseskan Pemilu dan Pilkada di Minahasa.

“Saya siap menjawab kepercayaan pimpinan. Sudah menjadi tugas kami untuk menyukseskan Pilkada dan Pemilu 2024,” kata Jemmy.

Tak butuh waktu lama, usai pelantikan Jemmy langsung menuju ke Kecamatan Tondano, Kabupaten Minahasa, agar besok bisa langsung menjalankan tugasnya.

3. Aktivitas mantan kepala daerah usai masa jabatannya habis

5 Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dilantik Gubernur, Ini Daftarnya Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejumlah mantan kepala daerah yang habis masa jabatannya hari ini tetap bertahan di dunia politik. Kebanyakan, mereka maju ke Pileg 2024.

Misalnya saja mantan Bupati Mitra, James Sumendap, dan mantan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara yang mengincar kursi di DPR RI dari partai berbeda. James dari PDIP sedangkan Tatong dari Nasdem.

Selain itu, James kembali menjadi pengacara dan aktivis. Ia sudah mendirikan kantor pengacara dan lembaga pembelaan masyarakat lingkungan dan pembangunan. "Lembaga ini akan membantu pemerintah dan masyarakat Sulut," ujar James.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya