Nelayan Seram Barat Temukan Mayat Lelaki Bugil tanpa Kepala

Selain itu, telinga dan mata dari mayat juga tidak ada

Ambon, IDN Times - Seorang nelayan Desa Sole, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, menemukan mayat tanpa busana berjenis kelamin laki-laki saat melaut di perairan Dusun Haya. Penemuan mayat ini pun membuat warga desa setempat heboh.

Kasubsi Humas Polres Seram Bagian Barat, Ipda Samuel mengatakan mayat tersebut ditemukan oleh nelayan tanpa sengaja pada Senin (19/2/2024).

“Masyarakat lalu melaporkan penemuan mayat itu kepada Bhabinkamtibmas Desa Waesala, Aiptu Eko Wahyudi,” ungkap Samuel saat dihubungi IDN Times, Rabu (21/2/2024).

Usai dilaporkan, kata Samuel, Kapolsek Waisala langsung berkoordinasi dengan pihak Camat Huamual Belakang untuk menyiapkan kendaraan laut menuju lokasi penemuan mayat.

Tak berselang lama tepat pukul 11.00 WIT, tim Polsek Waisala dipimpin Bhabinkamtibmas Desa Waisala bersama Kanit Reskrim Aiptu Safilano dan lima anggota Polsek Waisala menggunakan speedboat menuju perairan, tempat mayat ditemukan.

1. Mayat dalam kondisi membusuk, kakinya terikat tali rumpon

Nelayan Seram Barat Temukan Mayat Lelaki Bugil tanpa KepalaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Mayat itu, kata Samuel, mengapung dengan kondisi membusuk dan kakinya sangaja diikat menggunakan tali nilon di rumpon ikan.

Setelah tiba di rumpon itu, tim langsung mengevakuasi mayat tanpa mengenakan pakaian tersebut ke atas speedboat.

“Mayat langsung dibawa menggunakan longboat menuju Rumah Sakit Pratama Desa Waisala,” ujarnya.

2. Awalnya jenis kelamin mayat tidak diketahui

Nelayan Seram Barat Temukan Mayat Lelaki Bugil tanpa KepalaMayat dievakuasi menggunakan mobil ambulance menuju Rumah Sakit Pratama Waisala.(Dok Polres Seram Bagian Barat)

Karena kondisi mayat sudah rusak, Samuel mengatakan, pihaknya meminta bantuan petugas RSUD Piru untuk melakukan visum luar di Rumah Sakit Pratama Desa Waisala.

Samuel juga mengatakan, awalnya jenis kelamin mayat itu tidak diketahui. ”Setelah selesai visum baru diketahui adalah lelaki,” ujarnya.

Selain sulit mengenali jenis kelamin, tambah Samuel, kepala, mata dan telinga korban juga tidak ada. Badan dari mayat tersebut mengalami proses pembusukan dan lunak saat ditekan.

“Jari kaki tidak ditemukan hanya beberapa tulang pada tangan kiri saja, sebagaimana laporan visum,” jelasnya.

Baca Juga: Dua Kelompok Pemuda di Ambon Terlibat Tawuran, Satu Orang Terluka

3. Mayat dikenali keluarga dari baju

Nelayan Seram Barat Temukan Mayat Lelaki Bugil tanpa KepalaIlustrasi korban tewas. (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski sekujur tubuh mayat telah membusuk, Samuel berkata bahwa ada masyarakat asal Sulawesi Utara yang mengaku sebagai keluarga dari mayat itu. Guna menguatkannya, dia menunjukkan baju terakhir yang dipakai mayat.

Namun, informasi detail mengenai identitasnya belum diketahui pasti.

“Kini proses penyelidikan masih berlangsung intensif oleh Satreskrim Polres Seram Bagian Barat untuk mengidentifikasi mayat tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Sepekan Tak Ditemukan, Basarnas Ambon Setop Cari Kakek Usia 79 Tahun

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya