Comscore Tracker

Positif Terjangkit COVID-19, Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal Dunia

Korban memiliki riwayat penyakit gula

Makassar, IDN Times - Kepala Puskesmas Tonrorita, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, meninggal dunia pada Kamis (4/6), akibat terpapar virus corona atau COVID-19. Korban bernama H. Saidi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar sekitar pukul 09.15 WITA.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin dalam keterangan tertulis membenarkan Saidi terkonfirmasi positif COVID-19.

"Hari Kamis (28/5) atau satu minggu lalu almarhum menjalani tes swab dan hasilnya positif," kata Hasanuddin, Kamis.

1. Saidi menjalani perawatan selama 5 hari di RS Labuang Baji Makassar

Positif Terjangkit COVID-19, Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal DuniaH. Saidi, Kepala Puskesmas di Gowa yang meninggal dunia akibat COVID-19. Dok. IDN Times/Istimewa

Hasanuddin menjelaskan, Saidi dijemput oleh tim medis di kediamannya setelah hasil tes swab diketahui positif COVID-19. Saidi kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Syekh Yusuf Gowa sebelum dirujuk ke RS Labuang Baji, salah satu RS rujukan bagi pasien COVID-19 di Kota Makassar.

Di RS Labuang Baji, Saidi sempat menjalani perawatan intensif selama lima hari sebelum akhirnya meninggal dunia. "Sebelum dilakukan tes swab almarhum mengalami demam dan mengeluhkan sesak napas. Karena curiga, makanya dia minta diswab," Hasanuddin menjelaskan.

2. Saidi memiliki riwayat penyakit gula

Positif Terjangkit COVID-19, Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal Dunia(IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih jauh Hasanuddin berujar, Saidi sebelumnya tercatat memiliki riwayat penyakit gula sebelum terpapar virus corona. Hal itu, jelas Hasanuddin, membuat proses penularan virus lebih cepat menyerang sistem imun di dalam tubuh Saidi.

Hasanuddin dalam keterangan yang sama turut menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Saidi. "Mewakili tenaga medis yang ada di Kabupaten Gowa, saya menyampaikan turut berdukacita dan kehilangan yang sangat mendalam. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan dapat ikhlas."

Baca Juga: Rapid Test Tiga Warga Gowa yang Terjaring Keluyuran Reaktif COVID-19 

3. Hasanuddin berharap tenaga medis lebih memperhatikan protokol kesehatan

Positif Terjangkit COVID-19, Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal DuniaIlustrasi. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Peristiwa meninggalnya Kepala Puskesmas di Gowa karena COVID-19, membuat Hasanuddin kembali mengingatkan pentingnya tenaga medis untuk memperhatikan protokol kesehatan saat menjalankan tugas penanganan pasien.

"Saya berharap semua petugas tetap melakukan standarisasi pelayan dengan menggunakan APD dan menggunakan protokol kesehatan harus diperhatikan saat bekerja," imbuhnya.

Baca Juga: Duh! Pegawai Dishub Dianiaya saat Bertugas Mengamankan PSBB di Gowa

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya