Polisi Ungkap Kronologi Kerusuhan dan Insiden Pembakaran di Jayapura

Perumahan di kawasan Korem Waena terdampak kebakaran

Jayapura, IDN Times – Kepolisian Resor (Polres) Jayapura Kota saat ini tengah menangani kasus pembakaran beberapa bangunan di Area Bucen III Waena, Jayapura, Kamis (28/12/2023) sekitar pukul 17.50 WIT.

Pembakaran yang menimpa Kantor Denkesyah, Kios Manset dan Perumahan Dinas Jabatan Kasi Korem 172/PWY Jayapura terjadi ketika aksi pengantar jenazah Almarhum Lukas Enembe dilakukan oleh beberapa simpatisan massa.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, kejadian bermula ketika rombongan massa pengantar jenazah melintas di lampu merah Waena.

Aksi perlawanan tiba-tiba muncul. Massa melemparkan batu ke arah aparat keamanan yang berjaga di depan Gapura Masuk Asrama Korem 172/PWY Waena.

“Merespons aksi tersebut, anggota melakukan tembakan peringatan dan sejumlah upaya untuk mengendalikan situasi," ujar Benny melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (29/12/2023) malam.

1. Kronologi kericuhan di Jayapura versi polisi

Polisi Ungkap Kronologi Kerusuhan dan Insiden Pembakaran di JayapuraUpaya pemadaman api di Waena, Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023) malam. Dok. IDN Times/Polda Papua

Dijelaskan Benny, aksi kekerasan berlanjut hingga memicu pembakaran beberapa bangunan di sekitar lampu merah Waena, termasuk kantor Denkesyah, kios, dan perumahan dinas Jabatan Kasi Korem 172/PWY Jayapura.

Tak berhenti di situ, kata Benny, massa juga membakar kios yang berada di dekat lampu merah Waena.

“Tokoh tersebut menjual baju, sepatu dan sendal sehingga kobaran api cepat merambat dan membesar kemudian menjalar dengan cepat membakar bangunan kantor serta kios lainnya yang berada di lingkungan Asrama Korem 172/PWY Waena," jelas Benny.

2. Petugas berupaya padamkan api di asrama Korem Waena

Polisi Ungkap Kronologi Kerusuhan dan Insiden Pembakaran di JayapuraSalah satu lokasi kebakaran di Kota Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023) malam. Dok. IDN Times/Polda Papua

Dikatakan bahwa pada pukul 18.10 WIT, satu unit AWC Polda Papua tiba di tempat kejadian untuk membantu pemadaman.

Kerja sama antara kepolisian dan petugas pemadam kebakaran berlanjut dengan kedatangan dua SSK anggota gabungan TNI/Polri dan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

Benny menyebutkan, pada pukul 20.30 WIT, api yang membakar bangunan kantor, kios, dan perumahan dinas di Lingkungan Asrama Korem 172/PWY Waena berhasil dipadamkan.

Baca Juga: Polisi Selidiki Serangan-Pembakaran di Prosesi Pemakaman Lukas Enembe

3. Kerugian mencapai Rp2 miliar

Polisi Ungkap Kronologi Kerusuhan dan Insiden Pembakaran di JayapuraTangkapan layar dari rekaman video kericuhan di Kota Jayapura Papua, Kamis (28/12/2023)/Istimewa

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata Benny, namun kerugian materil diperkirakan mencapai Rp2 miliar.

“Aparat Kepolisian saat ini tengah melakukan pendataan terkait pelaku usaha dan korban yang terdampak. Selain itu, penyelidikan intensif terus dilakukan untuk mengungkap motif dan dalang di balik peristiwa ini,” ucapnya.

Kepolisian mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan bekerja sama dalam memberikan informasi yang dapat membantu proses penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Kericuhan di Jayapura: Belasan Orang Terluka, Puluhan Bangunan Dibakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya