Cerita Pedagang Sentral Makassar, Barang Ludes Terbakar

Sebanyak 931 kios di pelataran Pasar Sentral hangus terbakar

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat melanda Pasar Sentral Makassar, Selasa malam, 27 Desember 2022. Titik kebakaran terjadi di Blok B Selatan.

Icha, seoarang pedagang pakaian yang juga berjualan di blok tersebut menjadi korban yang kiosnya terdampak akibat kebakaran. Icha kini hanya bisa menatap pasrah puing-puing sisa kebakaran itu di balik garis polisi yang melintang.

"Saya punya satu-satunya kios di dalam. Habis semua. Tidak ada bisa diselamatkan," kata Icha saat ditemui di lokasi, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral Makassar

1. Tak bisa selamatkan barang

Cerita Pedagang Sentral Makassar, Barang Ludes TerbakarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Icha mengaku menerima kabar kebakaran itu sekitar pukul 19.00 WITA. Saat itu, Icha sudah berada ke rumahnya setelah seharian berdagang di Pasar Sentral.

Usai mendapat kabar, dia langsung bergegas kembali ke pasar. Setibanya di lokasi, dia mendapati asap sudah membubung tinggi. Dia lalu berusaha menyelamatkan barang dagangannya, namun upayanya nihil lantaran api sudah terlanjur membesar.

"Saya dapat info sudah Magrib. Pas saya datang, api sudah tinggi. Mau selamatkan barang, tidak bisa lagi karena apinya tinggi. Jadilah tidak ada sama sekali bisa diselamatkan," ujarnya.

2. Berharap ada solusi dari pemerintah

Cerita Pedagang Sentral Makassar, Barang Ludes TerbakarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Feby, pedagang lainnya, juga bernasib serupa. Dia juga merupakan pedagang pakaian seperti rata-rata pedagang yang berjualan di Blok B Selatan itu.

Feby menerima kabar kebakaran itu dari video yang beredar di media sosial. Tanpa pikir panjang, dia langsung bergegas kembali ke pasar, namun apa daya, kios-kios di sana telah ludes dilahap si jago merah.

"Pas kebakaran 2014 masih lumayan bagus, karena masih ada bisa diselamatkan. Kali ini tidak ada bisa diselamatkan sama sekali," katanya.

Icha, Feby dan pedagang-pedagang lainnya yang kiosnya terbakar berharap ada solusi dari pemerintah. Dengan begitu, mereka bisa tetap menyambung hidup.

"Sebenarnya kami tidak mau terlalu berharap sih. Tapi jika memang ada solusi atau bantuan dari pemerintah, kami akan sangat berterima kasih. Intinya, semoga ada yang terbaik atau ada bantuan biar berapa persen," kata Feby.

3. Sebanyak 931 kios hangus

Cerita Pedagang Sentral Makassar, Barang Ludes TerbakarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meninjau langsung lokasi kebakaran. Dalam kesempatan itu, Danny menyebutkan ada 931 kios di blok tersebut yang hangus terbakar.

Danny mengaku bermaksud memberikan dukungan moril kepada para pedagang yang kiosnya ludes terbakar. Dia juga meyakinkan bahwa pihaknya akan segera mencarikan solusi agar para pedagang bisa kembali berdagang. 

"insyaallah kita akan carikan solusi secepatnya agar mereka bisa berdagang. Apalagi menyambut bulan suci Ramadan," kata Danny.

Baca Juga: Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi Ludes

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya