Makamkan Jenazah COVID-19 Telantar, Bripka Jerry Ditelepon Kapolri

Kapolri salut dengan sikap Bripka Jerry 

Makassar, IDN Times - Atas keputusan memilih memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 yang terlantar di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Bripka Jerry Tumundo mendapat apresiasi langsung dari Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Saya atas nama pribadi dan institusi Polri mengucapkan terima kasih dan respek sama hasil kerja kemanusiaan pak Jerry Tumundo. Seluruh anggota Polri bangga sama ketulusan dan keikhlasan kamu, bekerja membantu memakamkan korban akibat virus corona," ujar Kapolri saat menghubungi Jerry lewat panggilan video WhatsApp pada hari Senin (13/4) siang.

1. Bripka Jerry Tumundo (paling kiri) ikut memakamkan jenazah korban virus corona di Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara pada hari Jumat (10/4) pekan lalu

Makamkan Jenazah COVID-19 Telantar, Bripka Jerry Ditelepon KapolriDok. Istimewa

Menurut rilis yang diterima IDN Times, Pasien 07 itu meninggal dunia di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado pada Jumat (10/4) dinihari. Proses pemakaman jenazah di TPU Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara sempat tersendat lantaran tak ada petugas pemakaman yang dilengkapi APD selain sopir ambulans.

Saat APD telah tiba, yang tidak ada justru orang yang bersedia memakamkan jenazah. Akhirnya Bripka Jerry Tumundo yang menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Dimembe menyatakan bersedia menjadi relawan untuk proses pemakaman. Turut serta pula anak tiri mendiang Pasien 07 beserta dua rekannya yang juga masih warga Desa Wusa.

Proses baru dimulai sekitar pukul 12.30 WITA, dua jam setelah ambulans tiba di TPU Desa Wusa.

2. Atas keberaniannya, Kapolri Idham Azis memberi apresiasi kepada Bripka Jerry secara langsung

Makamkan Jenazah COVID-19 Telantar, Bripka Jerry Ditelepon KapolriDok. Istimewa

Dalam panggilan video dengan Kapolri Jenderal Idham Azis, Jerry mengaku tak menyangka keputusannya menjadi relawan akan mendapat apresiasi langsung dari orang nomor satu Kepolisian Republik Indonesia.

Sebagai penghargaan, Jerry diberi surat talent scouting atau jalur istimewa agar Jerry bisa melanjutkan pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi (SIP). Ayah dua anak itu diketahui telah jalani MDDP (Masa Dinas Dalam Pangkat) Bripka (Brigadir Polisi Kepala) selama tiga tahun, dan belum pernah mendaftar SIP

"Nanti tahun depan masuk SIP, ya. Bilang ke istri, pak Kapolsek dan Kapolres bilang Kapolri tadi telepon, nanti suratnya saya kirim ke Kapolda ya," kata Idham. "Siap, Jenderal. Terima kasih, Jenderal," jawab Jerry singkat dengan suara bergetar.

Baca Juga: Tolak Pemakaman Jenazah Pasien Corona, 4 Warga Gowa Jadi Tersangka 

3. Menurut data pada hari Selasa (14/4), jumlah akumulasi kasus positif COVID-19 di Sulawesi Utara mencapai 17 orang

Makamkan Jenazah COVID-19 Telantar, Bripka Jerry Ditelepon KapolriANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Menurut data dari laman Sulawesi Utara Tanggap COVID-19 per hari Senin (13/4) pukul 19.26 WITA, jumlah akumulasi kasus positif coronavirus di Sulawesi Utara mencapai 17 orang.

Rinciannya 13 orang masih jalani perawatan intensif, 2 orang dinyatakan telah sembuh, dan 2 warga telah meninggal dunia. Angka tersebut tak berubah dalam data harian terbaru milik pemerintah pusat pada Selasa (14/4) pukul 17.10 WITA.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah mencapai 32 orang. Adapun warga yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan berjumlah 277.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Kasus Virus Corona di Sulawesi Selatan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya