Comscore Tracker

4,5 Hektare Padang Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Sultra Terbakar

Penyebabnya diduga berasal dari puntung rokok pengunjung

Makassar, IDN Times - Si jago merah melalap 4,5 hektare sabana Blok Hutan Lampopala, kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) di perbatasan Kabupaten Bombana dan Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, akhir pekan lalu.

"Luas lahan yang terbakar 4,5 hektare itu terjadi pada Jumat malam, 29 Januari 2021. Jadi, kejadian kebakaran itu berlangsung selama dua jam, namun sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhut)," kata Kepala Balai TNRAW Ali Bahri seperti dilansir ANTARA, Minggu (31/1/2021).

1. Sebanyak 4,5 hektare padang savana di TN Rawa Aopa Watumohai Sultra terbakar

4,5 Hektare Padang Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Sultra TerbakarKebakaran hutan yang terjadi di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara, pada Juni 2018. (Dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Menurut Ali, kawasan tersebut termasuk rentan terbakar lantaran dipenuhi oleh alang-alang, pohon pakem dan akasia. Dengan ini, pihaknya menduga ada unsur manusia dalam penyebab kejadian lantaran lokasinya sering dikunjungi banyak orang.

"Saya kira (ada) unsur manusia. Saya tidak tahu apakah orang lewat kemudian iseng membuang puntung rokok atau bisa jadi ada aktivitas pemancing di dalam, (kawasan)" katanya.

"Pemancing tradisional itu kan di dalam banyak. Kadang-kadang masyarakat mereka mau mencari jalan supaya jangan terlalu rimbun alang-alang akhirnya dengan cara membakar," lanjut Ali.

2. Kurangnya jumlah personel jadi salah satu kendala yang dihadapi oleh Balai TN Rawa Aopa

4,5 Hektare Padang Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Sultra TerbakarIlustrasi lahan (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Lebih jauh, Ali menegaskan Brigdalkarhut Balai TNRAW selalu bersiaga. Namun kendala terbesar adalah jumlah personel khusus pemadaman api yang bertugas dan melakukan pengawasan selama 24 jam.

"Kami sedikit keterbatasan personel. Kita punya personel hanya 15 orang yang khusus pemadaman kebakaran," ungkapnya.

Ali pun menghimbau masyarakat, baik yang tinggal di sekitar area Taman Nasional ataupun para pelintas, untuk senantiasa menjaga kawasan tersebut. Salah satunya yakni tak menyulut api di kawasan savana.

3. TN Rawa Aopa memiliki luas 1.050 km persegi

4,5 Hektare Padang Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Sultra TerbakarFoto udara kawasan padang savana dan perbukitan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara. (Dok. Balai TN Rawa Aopa Watumohai)

Rawa Aopa Watumohai ditetapkan menjadi Taman Nasional pada tahun 1989. Memiliki luas 1.050 kilometer persegi, lanskap padang savana dan perbukitan mendominasi kawasan tersebut. Ketinggiannya pun bervariasi, dari 0 hingga 981 meter dari permukaan laut.

Beragam vegetasi tumbuh di TNRAW, salah satunya yakni hutan mangrove, plus 323 spesies tanaman lainnya. Terdapat pula beragam satwa seperti babirusa, anoa dan 155 spesies burung, di mana 37 di antaranya berstatus endemik.

Baca Juga: Ikon Baru Ibu Kota Sultra, Jembatan Teluk Kendari Diresmikan Jokowi

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya