Comscore Tracker

Jamu Madura United, PSM Makassar Menang Tipis 1-0

PSM unggul sementara leg 1 semi final Piala Indonesia

Makassar, IDN Times - Leg 1 semi final Piala Indonesia, PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya, Madura United, dengan skor tipis 1-0, di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Minggu (30/6). 

Gol dicetak Zulham Zamrun di menit 37, yang berhasil memanfaatkan umpan rekannya, Asnawi Mangku Alam. Di babak pertama beberapa kali pemain PSM yang dimotori gelandangnya, Wiljan Pluim, membombardir pertahanan Madura.

Penyerang Madura, Greg Nwokolo juga beberapa kali merepotkan pertahanan PSM yang dikawal Abdul Rahman. Kiper PSM Rivky Mokodompit beberapa kali berhasil menepis bola dari para penyerang Madura. 

Pertandingan sore ini, PSM Makassar tidak diperkuat striker asingnya, Eero Markkanen yang terkena akumulasi dua kartu kuning. Sedangkan Madura United juga tidak diperkuat dua bintangnya: Andik Vermansyah yang mengalami cidera dan Zulfiandi, yang terakumulasi kartu kuning.

Baca Juga: Kilas Balik Kiprah PSM Makassar Sepanjang Helatan AFC Cup 2019

1. Pelatih Madura United akui pertandingan kedua tim agresif

Jamu Madura United, PSM Makassar Menang Tipis 1-0IDN Times/Abdurrahman

Pelatih Madura United Dejan Antonic menilai pertandingan sore ini, kedua tim sama-sama agresif. Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Dwi Purba Adi Wicaksana menghadiahkan 6 kartu kuning untuk pemain klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini.

Dejan memuji kombinasi serangan PSM di 20 menit awal pertandingan, hingga akhirnya tercipta gol tunggal dari Zulham. Dejan mengaku masih beruntung tidak ada pemainnya yang mengalami cidera. 

“Seharusnya wasit tahu kedua tim ini sama-sama agresif, sama-sama keras, sehingga tidak mudah mengeluarkan kartu kuning, ada beberapa pelanggaran yang tidak seharusnya diberi kartu kuning,” ujar Dejan. 

2. Pelatih PSM gelari Madura United Los Galacticos Indonesia

Jamu Madura United, PSM Makassar Menang Tipis 1-0IDN Times/Abdurrahman

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic mengakui ketangguhan Madura United dan sangat layak digelar Los Galacticos-nya Indonesia. Julukan Los Galacticos dimiliki klub Real Madrid yang mulai dikenal era tahun 2000, yang pada saat itu presiden klub Madrid, Florentina Perez , mendatangkan banyak pemain bintang kelas dunia, seperti David Beckham, Ronaldo de Lima, Zinedine Zidane, dan Luis Figo. 

Skuad Madura United musim ini diisi dengan sejumlah bintang sepak bola tanah air, seperti Andik Vermansyah, top skor Liga Indonesia 2018 lalu Aleksander Rakic, Jamierson da Silva Xavier dan pemain timnas Zulfiandi.

“Tim Madura United layak dapat respek dari kami, mereka sebelumnya (Piala Indonesia) bermain 6 kali, 4 menang dan 2 imbang, mereka bermain sangat bagus sore ini,” ungkap Kaledzic.

3. PSM akan berjumpa Madura di dua pertandingan berikutnya pekan depan

Jamu Madura United, PSM Makassar Menang Tipis 1-0IDN Times/Abdurrahman

Usai pertandingan pertama ini dalam semi final Piala Indonesia, PSM dan Madura United kembali akan bertemu dua kali dalam pekan ini. PSM akan bertandang di kandang Madura United, Stadion Ratu Pamelingan Pamekasan/Stadion Gelora Bangkalan, pada Kamis, 4 Juli nanti untuk mengikuti putaran Liga 1, dan pada Minggu, 7 Juli, PSM kembali melakoni leg kedua semi final Piala Indonesia. 

Dejan kini mempersiapkan timnya untuk menjamu PSM Makassar dengan permainan yang tidak kalah menarik dari pertandingan pertama.

“Kita akan lihat pemain-pemain yang siap sebelum melakukan rotasi pemain untuk pertandingan berikutnya, kita akan lihat hasil akhirnya nanti, pertandingan tadi pemain kita sangat bagus,” pungkas Dejan.

Sementara menurut Kaledzic, kemenangan 1-0 di kandangnya masih lebih baik dari pada menang 2-1 atau 3-2. Kaledzic optimis akan kembali menang dalam 2 pertandingan berikutnya kontra Madura United.

Baca Juga: Piala Indonesia: PSM vs Madura United, Dihantui Masalah Kebugaran

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You