Sentra Vaksinasi di Daerah Bisa Percepat Target Herd Immunity

Pos pelayanan vaksinasi massal diperluas ke daerah

Makassar, IDN Times - Pemerintah memperluas sentra pos pelayanan vaksinasi massal COVID-19 ke daerah-daerah. Kebijakan itu diharapkan mempercepat target kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap penyakit akibat virus corona SARS-CoV-2 itu.

Sentra vaksinasi disiapkan Kementerian BUMN bersama swasta untuk mempercepat cakupan program vaksinai nasional serta mempermudah akses publik dalam layanan vaksin. Dalam waktu dekat, sentra vaksinasi akan dipeluas ke Kota Surabaya, Jawa Timur, lalu ke daerah-daerah lain.

"Kami telah membuka sentra vaksinasi bersama di Semarang mulai 21 Maret hingga 21 Mei 2021. Insya Allah, minggu depan di Surabaya," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam diskusi daring dikutip dari Antara, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Outsourcing PLN Meninggal Usai Vaksinasi, Ini Tanggapan Kemenkes 

1. Sentra vaksinasi diharapkan menyentuh warga di pelosok

Sentra Vaksinasi di Daerah Bisa Percepat Target Herd ImmunityGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dok. Istimewa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan masyarakat di daerahnya antusias dengan hadirnya pos pelayanan vaksinasi massal. Dia berharap pos-pos serupa bisa diperluas hingga menyentuh semua masyarakat, terutama di wilayah pelosok.

“Sasaran penerima vaksinasi terutama golongan lansia masih tersebar di banyak tempat di Jawa Tengah. Di ujung-ujung, di pelosok-pelosok, ini juga perlu mendapatkan hak yang sama,” kata Ganjar pada Dialog Produktif bertema “Percepatan Vaksinasi demi Herd Immunity” yang dipantau virtual, Rabu 24 Maret 2021.

2. Ingat, tetap waspada meski sudah divaksin!

Sentra Vaksinasi di Daerah Bisa Percepat Target Herd ImmunityPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Ganjar Pranowo mengingatkan kembali masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan meski sudah menerima vaksinasi. Vaksin, kata dia, akan membantu kita semakin kuat.

"Tapi ingat, begitu divaksinasi, bukan berarti kita bebas. Tetap, protokol kesehatannya mesti dijaga," ucapnya.

3. Sentra vaksinasi manfaatkan registrasi daring

Sentra Vaksinasi di Daerah Bisa Percepat Target Herd ImmunityVaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sentra vaksinasi di daerah merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk swasta. Salah satu pihak yang digandeng adalah LOKET, penyedia layanan registrasi secara daring.

Mohamad Ario Adimas, VP Platform Business & Marketing LOKET mengatakan, pihaknya mendukung program vaksinasi tanpa melihat sisi bisnis. Makanya sistem registrasi daring bisa digunakan secara gratis pada pusat-pusat vaksinasi di daerah. Misalnya di Manado, Depok, dan Jakarta.

"Kita siap untuk langsung menerapkan semua sistem registrasi, apalagi di tempat-tempat yang punya risiko kerumunan yang cukup tinggi,” ucap Ario.

Baca Juga: Salut, Kakek 104 Tahun Ini Ikut Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya