Satu Anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar Meninggal di Saudi

Almarhum sesak nafas sejak di pesawat menuju Madinah

Makassar, IDN Times - Seorang anggota kelompok terbang 4 Embarkasi Haji Makassar meninggal dalam perjalanan ibadah haji di Arab Saudi. Dia diketahui bernama Laupe Baco Cido, 73 tahun, asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Laupe dilaporkan meninggal di Rumah Sakit King Fahd, Madinah, Senin (5/6/2023), sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Informasi itu disampaikan Ketua Kloter 4 Syaiful Mahsan, melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Mulai Kloter 21, Jemaah Haji Embarkasi Makassar Terbang Pakai Ihram

1. Dirujuk ke rumah sakit dengan keluhan asma

Satu Anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar Meninggal di SaudiJemaah haji yang dirawat di KKHI Madinah saat haji 2023. (IDN Times/Sunariyah)

Syaiful mengatakan, almarhum Laupe mengalami sakit sejak 26 Mei 2023 lalu. Sejak dalam perjalanan pesawat hingga tiba di Madinah, dia mengalami gangguan nafas. 

"Dan tekanan darah naik, penanganan diberikan obat hipertensi dan inhaler oleh dokter kloter," kata Syaiful.

Pada 28 Mei 2023, Laupe dirujuk ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah dengan keluhan susah napas atau asma. Sehari berselang, dia dirujuk ke RS. King Fahd.

"Dikunjungi istrinya bersama petugas PPIH kloter tanggal 31 Mei, kondisi dalam keadaan tidak sadar," ucap Syaiful.

2. Istri almarhum melanjutkan ibadah haji

Satu Anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar Meninggal di SaudiIstri dari Laupe, anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar yang meninggal di rumah sakit di Madinah, Arab Saudi. (Dok. PPIH Embarkasi Makassar)

Syaiful mengatakan, almarhum Laupe berangkat haji bersama istrinya Hawice. Saat ini Hawice melanjutkan ibadah haji di Kota Makkah. 

"Hawice pada Kloter 4 Rombongan 2/Regu 7 saat ini berada di Hotel Sorra Man Roa Sektor 3 Makkah," Syaiful menerangkan.

3. Kloter 4 berisi jemaah asal Makassar, Bulukumba, dan Parepare

Satu Anggota Kloter 4 Embarkasi Haji Makassar Meninggal di SaudiKloter 4 Embarkasi Haji Makassar berisi sejumlah lansia dengan penanganan khusus. (Dok. PPIH Embarkasi Makassar)

PPIH Embarkasi Makassar memberangkatkan Kloter 4 dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada 26 Mei 2023. Rombongan terbang dengan pesawat Garuda Indonesia nomor GIA 1104.

Kloter 4 berisi jemaah haji asal Makassar satu orang, 125 dari Parepare, dan 262 dari Bulukumba. Kloter berisi lima petugas, sehingga total rombongan 393 orang.

Baca Juga: Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya