Comscore Tracker

Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024

Seluruh DPW diminta melengkapi struktur partai

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menargetkan partainya meraih suara dan kursi terbanyak pada Pemilihan Umum tahun 2024. Pada Pemilu 2019, NasDem menduduki posisi lima besar.

Surya Paloh mengungkapkan ambisinya mengantarkan NasDem menang pemilu, saat berpidato di hadapan peserta Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus), di Hotel The Rinra Makassar, Sabtu (25/1). Rakorsus yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Selatan dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan fungsionaris DPW dari seluruh provinsi se-Indonesia.

Surya Paloh terpilih kembali sebagai ketua umum pada Kongres ke-2 Partai NasDem, November 2019 lalu. Di usia partai yang menginjak delapan tahun, Paloh mengingatkan jajaran kader agar bersiap mewujudkan obsesi besar.

"Beri kesempatan mengantarkan, agar titik puncak 2024, saya mau partai ini menorehkan sejarah sebagai partai pemenang pemilu," kata Surya Paloh disambut tepuk tangan ribuan orang peserta Rakorsus.

1. Paloh memaparkan sejumlah capaian partai

Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024Peserta Rakorsus Partai NasDem di Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Rakorsus di Makassar dihadiri dua menteri NasDem di Kabinet Indonesia Maju. Ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Surya Paloh sekaligus memperkenalkan kader NasDem yang duduk di alat kelengkapan DPR/MPR RI. Masing-masing, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat; Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel; Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto; dan Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene.

Paloh menyebut duduknya wakil NasDem di alat kelengkapan DPR sebagai sebuah capaian. Di sisi lain, terdapat peningkatan jumlah kursi, dari 36 di tahun 2014, menjadi 59 di tahun 2019.

"Kita berupaya agar tahapan perjalanan yang kita lalui dalam proses bersama menjalankan partai, bisa berjalan terus. Bahkan tidak berhenti di tempat, karena tantangan yang kita hadapi jauh lebih berat dari apa yang kita lalui," ucap Paloh.

2. Sebut Abu Nawas, Paloh meminta kader NasDem bersikap fleksibel

Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. IDN Times/Aan Pranata

Surya Paloh meminta seluruh kader NasDem bahu-membahu mengejar target besar di depan mata. Kader diingatkan mengedepankan politik gagasan dan tidak terjebak pada pragmatisme sesaat.

Paloh juga mengungkapkan pentingnya kecerdikan, seni berpolitik dan sikap fleksibel dalam membangun komunikasi.

"Politik itu tidak bisa sistematis. Di sana diperlukan kearifan, fleksibilitas, bahkan sedikit Abu Nawas," kata dia.

Baca Juga: Datangkan Surya Paloh, NasDem Sulsel Unjuk Kekuatan Jelang Pilkada

3. Struktur partai wajib lengkap sebelum 17 Agustus

Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024IDN Times/Indiana Malia

Salah satu persiapan NasDem menuju Pemilu 2024 adalah melengkapi struktur pengurus partai hingga ke Dewan Pimpinan Ranting (DPRt), di tingkat desa/kelurahan. Paloh mewajibkan DPRt di seluruh wilayah lengkap sebelum 17 Agustus 2020.

Jika ada daerah yang pengurus DPRt-nya kosong, ketua DPW siap-siap dapat sanksi pemberhentian.

"Saya beri target DPW, sebelum 17 Agustus, tidak ada satu pun DPRt yang kosong. Kalau ada, kita minta ketuanya mengundurkan diri," Paloh mengatakan.

4. NasDem Sulsel panaskan mesin jelang pilkada

Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse. IDN Times/Istimewa

Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse menyatakan Rakorsus digelar sebagai ajang konsolidasi partai. Agenda ini penting bagi NasDem jelang bertarung pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Di Sulsel, pilkada digelar di 12 kabupaten/kota. NasDem menargetkan kemenangan setidaknya di sepuluh daerah.

"Kami siap kembali maju di medan pertempuran. Kami berupaya mewujudkan mimpi menjadi pemenang," Rusdi menegaskan.

Baca Juga: Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  

Topic:

  • Irwan Idris
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya