Pulang ke Tanah Air, Kemenag Ingatkan Empat Janji Jemaah Haji

Perjalanan dan prosesi ibadah haji sarat makna

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar menyambut kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 4, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (26/6/2024). Penyambutan dipimpin Kepala Bidang Dokumen PPIH Ali Yafid.

Ali menyerahkan secara resmi jemaah haji kepada pemerintah daerah asal jemaah. Seremoni diwakili Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sinjai A. Irwan Syahrani Yusuf.

Baca Juga: Bea Cukai Makassar Periksa IMEI Jemaah Haji Pulang dari Tanah Suci

1. Ibadah haji sarat makna

Pulang ke Tanah Air, Kemenag Ingatkan Empat Janji Jemaah HajiJamaah haji berjalan menuju bus saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (23/6/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dalam sambutannya, Ali Yafid mengungkapkan bahwa perjalan ibadah haji selama 42 hari sarat makna. Dia mengatakan, jemaah dalam aktivitas ibadah tersebut sesungguhnya berjanji kepada Allah dan berjanji kepada dirinya sendiri melalui kalimat talbiyah.

"Talbiyah adalah pernyataan penting dan sakral bahwa hamba-Nya bertauhid kepada Allah SWT, mengagungkan kebesaran-Nya serta berjanji untuk hanya berserah dan mengharap pertolongan kepada Allah SWT semata," ujarnya.

2. Ada janji dalam prosesi tawaf hingga sa'i

Pulang ke Tanah Air, Kemenag Ingatkan Empat Janji Jemaah HajiJamaah haji menjalankan wukuf di Arafah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Janji berikutnya, kata Ali Yafid adalah tersirat dalam makna tawaf. Pada prosesi haji ini, jemaah menyadari bahwa dirinya senantiasa dalam pengawasan Allah SWT sehingga berjanji tidak akan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama.

"Kemudian Sa'i, di situ anda berjanji bahwa akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan anda, namun kalau tidak tercapai maka harus bersabar," imbuhnya.

Janji berikutnya, kata Ali, adalah tersirat dalam ritual melontar Jumrah. "Dengan melontar Jumrah, setiap waktu, kapan pun dan di mana pun, anda berjanji akan memusuhi setan," ucapnya.

3. Kloter 4 bawa 450 anggota jemaah

Pulang ke Tanah Air, Kemenag Ingatkan Empat Janji Jemaah HajiPenyambutan jemaah haji Kloter 4 Debarkasi Makassar, Rabu (26/6/2024). (Dok. Kemenag Sulsel)

Kloter 4 tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Rabu pukul 17.47 Wita dengan pesawat Garuda Indonesia. Kloter ini berisi 450 anggota jemaah, terdiri dari 202 orang asal Kota Makassar dan 240 orang asal Sinjai, serta lima petugas kloter dan tiga petugas haji daerah.

Pada prosesi penyerahan kloter 4 di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makaassar, hadir sejumlah pejabat Kemenag. Di antaranya Kabag Kesra Kota Makassar Muhammad Syarif, Kabid PHU Ikbal Ismail, Kabid Urais Wahyuddin Hakim, Kakan Kemenag Kota Makassar Irman, dan Kakan Kemenag Sinjai Jamaris beserta jajaran.

Baca Juga: Penyelidikan Kasus Jemaah Haji Ilegal Asal Sulsel Belum Tuntas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya