Makna Google Doodle Hari Ini yang Turut Merayakan HUT ke-75 RI

Orat-oret bernuansa HUT RI menyambutmu di laman Google

Makassar, IDN Times - Google ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Mereka menampilkan desain doodle istimewa, tepat pada peringatan proklamasi, Senin (17/8/2020).

Kamu bisa menemukan orat-oret bernuansa HUT RI saat membuka laman utama pencarian Google. Doodle menampilkan logo Google dalam berbagai warna dan corak. Misalnya huruf O berbentuk tiang panjat pinang, serta G yang berupa pita.

Orat-oret istimewa ini dibuat oleh illustrator asal Jakarta, Martcellia Liunic. Lalu, apa makna di balik Google Doodle di HUT ke-75 Kemerdekaan RI? Yuk, simak penjelasannya!

Baca Juga: Kisah dari Timur Indonesia, Rayakan HUT ke-75 RI di Hutan Bakau

1. Tentang keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia

Makna Google Doodle Hari Ini yang Turut Merayakan HUT ke-75 RIWarga di kawasan Jalan Haka, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/08/2020), menggelar lomba panjat pinang. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.)

Dilansir laman Google Doodle, orat-oret didesain khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang dikenal sebagai Tujuhbelasan. Desain mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika, yang menyoroti keragaman sebagai pembentuk kesatuan Indonesia.

Doodle, misalnya, menampilkan ilustrasi Harimau Sumatera dan Bunga Rafflesia Arnoldii sebagai beberapa contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara. Ada juga penggambaran Panjat Pinang, salah satu permainan terpopuler yang mewakili semangat gotong royong dan persatuan Indonesia.

2. Menggambarkan keindahan alam Indonesia

Makna Google Doodle Hari Ini yang Turut Merayakan HUT ke-75 RIANTARA FOTO/Arnas Padda

Martcellia mengungkapkan, inspirasi Google Doodle yang tayang hari ini terinpirasi dari kebiasaan masyarakat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan. Mislanya menghiasi lingkungan dengan bendera nasional dan meriah, menggelar aneka lomba dan parade, upacara bendera, dan menyanyikan lagu kebangsaan sepanjang hari.

Dia juga ingin menyampaikan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti persatuan dalam perbedaan. Sebagai salah satu masyarakat yang paling beragam secara etnis, Indonesia terdiri dari 1.300 kelompok etnis, dengan setidaknya 95 persen asli nusantara.

Martcella juga ingin menggambarkan keindahan alam Indonesia dengan pegunungan, laut, dan beberapa hewannya yang luar biasa seperti Harimau Sumatera dan Bunga Rafflesia Arnoldii.

“Bahwa Indonesia itu indah, beragam, dan meriah, seperti ilustrasi saya yang penuh warna,” katanya soal pesan yang ingin disampaikan.

3. Google rutin menampilkan Doodle di HUT RI

Makna Google Doodle Hari Ini yang Turut Merayakan HUT ke-75 RIGoogle.com

Bukan sekali ini Google menayangkan orat-oret istimewa pada HUT RI. Sebelumnya, setiap tahun mereka juga rutin menampilkan desain berbeda-beda dengan menggandeng banyak desainer.

Misalnya pada 17 Agustus 2019, Google Doodle berupa ilustrasi masyarakat gotong-royong membuat gerbang gapura. Desain itu menunjukkan aktivitas masyarakat yang biasanya mempercantik pintu masuk ke lingkungan desa mereka jelang HUT Kemerdekaan Indonesia.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Jadi Google Doodle, Taman Nasional Lorentz Punya 5 Fakta Unik Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya