Danny Pomanto Ancang-ancang Daftar Perseorangan di Pilkada Makassar

Penyerahan syarat dukungan dibuka pada 19-23 Februari 2020

Makassar, IDN Times - Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto tidak hanya mempersiapkan pencalonan melalui jalur partai politik pada pemilihan kepala daerah Makassar tahun ini. Dia juga rupanya mempersiapkan rencana alternatif, yakni mendaftar lewat jalur perseorangan.

Pada Sabtu (18/1), tim Danny Pomanto sudah menyerahkan ke KPU surat mandat operator untuk mendapatkan akun pengguna atau user Sistem Informasi Pencalonan Pemilu (Silon). Diketahui, pengisian Silon merupakan syarat wajib jika ingin maju melalui jalur perseorangan.

"Untuk mendapatkan user Silon, operator tim harus membawa mandat yang ditandatangani oleh bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota. Tim Danny Pomanto sudah membawa surat mandatnya," kata Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar saat dikonfirmasi, Minggu (19/1).

1. Danny didaftar bersama eks juru bicaranya

Danny Pomanto Ancang-ancang Daftar Perseorangan di Pilkada MakassarAnggota KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Aan Pranata

Gunawan mengatakan, mandat yang diserahkan tim Danny Pomanto sudah menyertakan nama bakal calon wakil wali kota. Nama yang disertakan adalah Maqbul Halim, politikus Golkar yang jadi juru bicara Danny Pomanto di Pilkada 2018. Saat itu Danny didiskualifikasi dari pencalonan.

Kandidat perseorangan di Pilkada Makassar wajib melampirkan dukungan 72.570 warga, yang ditandai salinan e-KTP. Syarat dukungan itu dimasukkan ke Silon pada 19-23 Februari 2020. Jika syarat dukungan lolos verifikasi, kandidat bersangkutan bisa mendaftar pada tahap pencalonan di bulan Juni mendatang.

"Untuk nama wakil, masih memungkinkan diubah sampai tahap penyerahan syarat dukungan. Saat penyerahan syarat dukungan, (nama) itu sudah final," ucap Gunawan.

2. Jalur perseorangan buat jaga-jaga jika Danny tidak didukung parpol

Danny Pomanto Ancang-ancang Daftar Perseorangan di Pilkada MakassarRelawan Danny Pomanto membawa mandat untuk persiapan mendaftar jalur perseorangan. IDN Times/Istimewa

Rizal, perwakilan tim Danny Pomanto menyebut pengambilan user Silon sebagai langkah antisipasi. Pihaknya jaga-jaga jika Danny Pomanto tidak mendapat dukungan parpol.

Danny masih mengikuti proses penjaringan kandidat di sejumlah parpol. Untuk Pilkada Makassar, sejauh ini belum ada partai yang memastikan siapa calon yang didukung.

"Pendaftaran jalur perseorangan adalah inisiatif relawan. Tapi kami optimistis, baik itu melalui parol maupun perseorangan, bapak (Danny) siap," kata Rizal.

Baca Juga: Danny Pomanto Enggan Maju Lewat Jalur Perseorangan di Pilkada Makassar

3. Danny masih optimistis dapat kendaraan parpol

Danny Pomanto Ancang-ancang Daftar Perseorangan di Pilkada MakassarIDN Times/Abdurrahman

Sebelumnya Danny Pomanto menyatakan keseriusannya menatap Pilkada Makassar. Sebagai kader Partai NasDem, dia optimistis bisa mencalonkan diri lewat jalur parpol.

Sejauh ini, kata Danny, hubungannya dengan sejumlah parpol cukup baik. Meski belum pasti partai mana yang bakal mendukung, Danny masih berkeyakinan dapat kendaraan untuk bertarung nanti.

"Keyakinan saya berpartai masih seratus persen. Untuk independen, saya didesak oleh masyarakat. Saya kan milik masyarakat, jadi biarkan mereka jalan, kami tetap mengapresiasi," ujar Danny beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Februari, Danny Pomanto Deklarasikan Pencalonan di Pilkada Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya